Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Wakil Walikota, Musrenbang Jangan Hanya Ajang Perdebatan Dan Seremonial

Wakil Walikota, Musrenbang Jangan Hanya Ajang Perdebatan Dan Seremonial

GUNUNGSITOLI , suarasumut.com — Wakil Walikota Gunungsitoli Drs.Aroni Zendrato berharap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kota Gunungsitoli jangan hanya sebagai ajang perdebatan dan seremonial belaka.

Aroni memberitahu, tahun 2016, prioritas pembangunan di Kota Gunungsitoli ada lima bidang. Hal tersebut diungkapkan pada acara Musrenbang Kecamatan Gunungsitoli yang dilaksanakan di aula kantor Camat Gunungsitoli, jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Selasa (3/3).

Pada acara Musrenbang yang dihadiri Ketua DPRD herman Jaya Harefa dan sejumlah anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Muspika serta aparat desa se Kecamatan Gunungsitoli, Wakil Walikota Drs.Aroni Zendrato mengatakan, tema Musrenbang tahun 2016 adalah ” Pembangunan Kota Gunungsitoli tahun 2016″.

Tema tersebut mengacu kepada peningkatan kapasitas daya dukung produk produk unggulan daerah berbasis jasa, perdagangan dan industri terhadap kultur perekonomian yang semakin berdaya saing, sehingga dia berharap forum tersebut tidak hanya dijadikan sebagai ajang perdebatan atau seremonial belaka.

Namun, harus menjadi kancah untuk menyaring aspirasi masyarakat dari tingkat desa, kecamatan untuk dibawa ketingkat kabupaten/kota dan propinsi, karena pelaksanaan Musrenbang telah diatur dalam undang undang nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Rencana pembangunan tahun 2016 di Kota Gunungsitoli yang mencakup lima bidang menurut penuturan Wakil Walikota Gunungsitoli adalah pembangunan bidang ekonomi dengan melakukan pengembangan kapasitas produksi dan kuantitas produk produk unggulan daerah berbasis jasa, perdagangan dan industri untuk memberikan kultur perekonomian daerah yang semakin berdaya saing.

Bidang infrastruktur dengan melakukan pengembangan kapasitas daya dukung infrastruktur dasar dan strategis terhadap pengembangan sudut daya dukung ekonomi lokal secara merata di seluruh wilayah Kota Gunungsitoli, bidang Pendidikan dengan melakukan pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyelenggaraan pendidikan berkualitas, sejahtera diseluruh wilayah kota Gunungsitoli.

Bidang kesehatan dengan melakukan pengembangan kapasitas cakupan pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas dalam rangka melakukan kesehatan secara merata diseluruh kota Gunungsitoli dan bidang aparatur dengan melakukan pengembangan kapasitas dan kualitas cakupan pelayanan publik melalui peningkatan kopetensi aparatur sipil daerah melalui pengembangan prinsip prinsip tata kelola pemerintah.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa menegaskan, supaya SKPD lebih mengutamakan aspirasi dari desa sebagai tolak ukur rencana pembangunan yang akan dilakukan di Kota Gunungsitoli tahun 2016.

Dia berharap apa yang akan dibawa SKPD pada rapat di DPRD untuk pembahasan pembangunan tahun 2016, benar benar aspirasi dari desa dan disesuaikan dengan program tiap SKPD yang ada di Kota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Labuhanbatu Kembali Raih Prestasi Dibidang Lingkungan Hidup

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu setelah menerima Penghargaan terbaik I Tingkat Provinsi Sumatera ...