Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wakil Wali Kota Imbau Warga Dukung Dan Sukseskan Program Pemerintah

Wakil Wali Kota Imbau Warga Dukung Dan Sukseskan Program Pemerintah

Gunungsitoli | suarasumut.com  —  Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si mengimbau warga untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah. Masyarakat Kota Gunungsitoli juga diimbau menghargai jasa pahlawan dan memikirkan untuk mengisi kemerdekaan menjadi hal yang dapat mensejahterahkan masyarakat, salah satunya adalah program pensejahteraan masyarakat oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Imbauan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si usai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke – 72 yang digelar di halaman kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli, Jum’at (10/11).

Sebelumnya, saat membaca amanat Menteri Sosial RI pada upacara peringatan Hari Pahlawan, Sowa,a Laoli, SE, M.Si memaparkan bahwa Hari Pahlawan yang diperingati didasari oleh peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayah sejarah dekolonisasi dunia. Segenap rakyat Indonesia dari berbagai suku, ras, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno penah menegaskan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yakni Republik Indonesia,” papar Sowa’a kala membaca amanat Menteri Sosial RI.

Sowa’a juga mengungkapkan, saat ini harapan bangsa akan masa depan yang lebih baik telah ditambatkan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres H.M Jusuf Kalla melalui sesbuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong”.

Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan 9 agenda prioritas pemerintahan kedepan yang disebut NAWACITA. Kesembilan agenda prioritas itu bisa dikategorikan kedalam tiga ranah, yakni ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik.

Ketiga ranah pembangunan tersebut bisa dibedakan tapi tak dapat dipisahkan. Satu sama lain saling memerlukan pertautan secara sinergis. Perubahan mental-kultural memerlukan dukungan politik dan material berupa politik kebudayaan dan ekonomi budaya.

Sebaliknya perubahan politik memerlukan dukungan budaya dan material budaya demokrasi dan ekonomi politik. Untuk itu, beliau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun bagi negeri ini.

Pada upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-72 yang mengangkat tema tema “PERKOKOH PERSATUAN MEMBANGUN NEGERI”, diisi dengan pelaksanaan hening cipta serentak selama 60 detik dan pembacaan pesan pesan pahlawan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian bingkisa kepada para veteran dan ziarah ke makam Pahlawan bersama sama dengan Forkopimda Kota Gunungsitoli dan unsur Pemerintah Kabupaten Nias yang diwakili Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Potensi Pasar Kentang Goreng Indonesia, Belgia Lirik Indonesia Sebagai Pasar Ekspor Utama Di Asia Tenggara

Jakarta | suarasumut.com – Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun ...