Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Wakil Bupati Nias : RKPD Kabupaten Nias Tahun 2016 Harus Perhatikan Pencapaian Target

Wakil Bupati Nias : RKPD Kabupaten Nias Tahun 2016 Harus Perhatikan Pencapaian Target

Nias, uarasumut.com — Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH berharap proses penyusunan RKPD Tahun 2016, betul betul memperhatikan pencapaian target kinerja setiap urusan pemerintah daerah yang dilaksanakan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Penyusunan RKPD juga harus mampu memberikan perhatian yang besar terhadap permasalahan yang mendasar yang dihadapi oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan awal RKPD Kabupaten Nias tahun 2016 di kantor Bappeda Kabupaten Nias, Jalan Pancasila, Desa Mudik, Kota Gunungsitoli beberapa waktu yang lalu.

Dia juga secara khusus mengharapkan seluruh pimpinan SKPD untuk memahami secara menyeluruh target kinerja urusanpemerintahan yang ditanganinya, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2011-2016.

Mengevaluasi sejauh mana pencapaiannya pada tahun 2014 yang lalu, dan perkiraan hasil capai tahun 2015, serta memproyeksikan pencapaiannya padaTahun 2016, supaya setiap program dan kegiatan pembangunan yang termuat dalam RENJA SKPD harus berorientasi pada pencapaian target kinerja SKPD, sehingga harus dihindari kegiatan-kegiatan yang tidak mendukung pencapaian target kinerja.

Beberapa target kinerja utama yang perlu mendapat perhatian dalam Forum Konsultasi Publik yang sedang digelar menurut Arosokhi adalah:
1. Bidang infrastruktur, sesuai target RPJMD 2011-2016 padaTahun 2016, 28 desa terbebas dari isolasi dan dapat terjangkau oleh kendaraan roda 4 dan perlu adanya strategi pendanaan dan perencanaan teknis yang tepat, sehingga bias dipastikan dapat terealisasi hingga akhirTahun 2016. Selanjutnya, pada tahun 2016 lanjutan pembangunan sarana dan prasarana pemerintah yaitu pembangunan kantor bupati Nias dan kantor DPRD Nias serta kantor SKPD sebanyak 4 unit.
2. Pada bidang pendidikan, selain memprioritaskan pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs) dan peningkatan APK dan APM pada seluruh jenjang pendidikan, penambahan PAUD, juga perlu mendapat perhatian peningkatan mutu pendidikan, khususnya pada pendidikan SMA/SMK. Target kinerja untuk pembangunan bengkel praktek dan laboratorium, peningkatan profesionalisme guru, penyediaan prasarana pendidikan dan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi di perguruan tinggi negeri (umum non PNS) perlu diprioritaskan. Demikian juga pada Tahun 2016, harus memastikan penanganan gedung gedung sekolah yang sudah tidak layak (gedung sekolah berlantai tanah, berdinding papan/tepas, dan beratap rumbia) sebagaimana dikeluhkan masyarakat selama ini. Pembangunan unit sekolah baru hendaknya dikaji secara matang ditengah keterbatasan guru pada hampir seluruh jenjang pendidikan.
3. Pada bidang kesehatan, memberikan perhatian khusus pada pencapaian sasaran MDGs, peningkatan kualitas pelayanan di puskesmas dan jaringannya.
4. Peningkatan puskesmas menjadi puskesmas rawat inap serta optimalisasi pemanfaatan Poskesdes yang sudah dibangun.
5. Pada bidang ekonomi diharapkan ada penanganan yang serius dalam upaya kita meningkatkan produktivitas pertanian,perkebunan dan perikanan melalui pelaksanaan percontohan yang efektif, penyediaan sarana produksi yang terjangkau, penyuluhan, pemberdayaan kelompok tani, pembangunan irigasi dan pembinaan berkelanjutan.
6. Pada bidang penanggulangan kemiskinan, target kinerja penurunan jumlah penduduk miskin menjadi 16,32 persen padaTahun 2015 merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan oleh seluruh SKPD terkait. Pembangunan rumah tidak layak huni yang sudah dimulai Tahun 2012 akan terus diperluas implementasinya.
7. Pada bidang pemerintahan dan aparatur, sudah mulai menunjukkan pencapaian target kinerja yang mengalami peningkatan. Pencapaian sasaran pembangunan sebagaimana yang dikemukakan di atas, ditentukan oleh terbenahinya bidang pemerintahan dana paratur.

Selain itu, menurut Wakil Bupati Nias, beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dan prioritas penanganan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Nias yaitu, pengelolaan aset/barang milik daerah yang baik, dengan target kinerja tersusunnya neraca daerah yang akuntabel sesuai dengan Permendagri 17 Tahun 2007 tentangPengelolaanBarang Daerah, terkait dengan target opini terbaik atas hasil audit laporan keuangan daerah.

Peningkatan kapasitas aparatur melalui berbagai jenjang Diklat PIM, tugas belajar (S1, S2, S3, dan dokter spesialis), serta perencanaan dan rekrutmen pegawai ditingkatkan kapasitasnya dan dilakukan secaratransparan dan objektif.

Selain itu, dia berharap Forum Konsultasi Publik yang digelar memiliki arti yang strategis karena dalam forum tersebut, semua bersama-sama mengembangkan pemikiran untuk memberikan masukan tentang program-program dan kegiatan pembangunan prioritas yang akan dilaksanakan dalam satu tahun yang akan datang.

Walau dengan segala keterbatasan, menyebabkan tidak semua aspirasi dapat diakomodasi, tetapi setidaknya semua dapat semakin memahami betapa kompleksitas permasalahan pembangunan yang dihadapi, sehingga akan menggugah kepedulian untuk berperan serta dalam membangun daerah.

Melalui forum tersebut, dia berharap akan diperoleh masukan-masukan yang cerdas dan konstruktif bagi pembangunan Kabupaten Nias.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Ir.Agustinus Zega memberitahu, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2016 mendatang.

Diharapkan untuk mendapatkan masukan penting yang lebih menitik beratkan pada pendekatan teknokratis dan partisipatif. Rancangan awal RKPD tersebut akan menjadi panduan kepada seluruh SKPD dalam menyusun Rancangan Rencana Kerja (RENJA) SKPD Tahun 2016.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Karo Laksanakan Diklat Revolusi Mental

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *