Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wakasad Terapkan Wawasan Kebangsaan Ke Pelajar SMA Unggul Del Laguboti

Wakasad Terapkan Wawasan Kebangsaan Ke Pelajar SMA Unggul Del Laguboti

Tobasa | suarasumut.com  –  Kedatangan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Hinsa Siburian ke Sumut melaksanakan kegiatannya dengan memberi pengarahan tentang wawasan kebangsaan kepada siswa siswi SMA Unggul Del Toba Samosir di Gedung Serbaguna, Senin (31/07/2017).

“Indonesia adalah negara demokratis yang sekular mayoritas pemeluk agama Islam. Konstitusi Indonesia menjamin kebebasan beragama kepada semua orang, masing-masing menurut agama atau keyakinan sendiri. Konstitusi ini juga menetapkan bahwa negara Indonesia harus didasarkan pada keyakinan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Letnan Jenderal TNI Hinsa Siburian.

“Ini merupakan prinsip pertama Pancasila, yaitu filosofi negara Indonesia yang dibeberkan Presiden Soekarno pada tahun 1945,”ujarnya.

Diungkapkan Wakasad, setiap Negara yang ingin maju itu harus mempunyai pedoman dan pegangan yang jelas dalam penyelenggaraan negara, agar mencapai tujuan Negara yang telah ditetapkan.

“Demikian pula dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah memiliki Pancasila sebagai pedoman dan pegangan bagi setiap warga negara dan penyelenggara negara, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna mencapai tujuan negara sebagaimana Pembukaan UUD 1945,”terang Wakasad.

Lanjutnya, pembukaan UUD 1945 mengamanatkan bahwa tujuan nasional adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut mefaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Untuk mencapai tujuan nasional tersebut diperlukan upaya bersama yang diwujudkan dengan mengoptimalkan peran, fungsi dan tugas tiap-tiap komponen bangsa. Pertahanan negara merupakan salah satu bentuk upaya bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional,”tutur Letjen TNI Hinsa Siburian.

Jenderal bintang tiga ini menegaskan, pertahanan negara adalah segala usaha untuk menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman militer serta ancaman bersenjata terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“TNI dibangun dan dikembangkan secara profesional sesuai kepentingan politik negara, mengacu pada nilai dan prinsip demokrasi, supremasi sipil, Hak Asasi Manusia (HAM), ketentuan hukum nasional dan ketentuan hukum internasional yang sudah diratifikasi dengan dukungan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang dikelola secara transparan dan akuntabel,”terang Wakasad.

Setelah memberi pengarahan tentang wawasan kebangsaan kemudian Wakasad memperkenalkan profil Akmil. Dua orang diperkenankan kepada siswa siswi SMA Unggul DEL dilanjutkan tanya jawab.

Wakasad lanjut meninjau kompi A yonif 123 / Sibisa dilanjut memberi arahan kepada prajurit yang berpesan agar hubungan baik dengan rakyat diperketat terutama dilingkungan kompi dikarenakan masyarakat adalah pagar hidup satuan.

“Hindari narkoba, jangan sampai masuk perangkap baik pemakai atau pun pengguna,”pinta wakasad.

Setelah makan siang wakasad yang selalu didampingi Danrem 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat, Staf ahli Kodam I/BB Kol Inf M. Simorangkir dan Dandim 0110/TU Letkol Arm Ezra Nathanael

Kemudian pada saat itu juga Wakasad lanjut ke Bandara Silangit, untuk kembali ke Jakarta.

Lihat Juga

Ket Gbr : Rombomban Tim Wasev Mabes TNI AD yang di Pimpin Mayjen TNI AD Felix Hutabarat Meninjau Sasaran Lokasi TMMD Tanah Karo, di desa Serdang, kecamatan Barus Jahe Kamis (19/4/2018)

Ketua Tim Wasev Mabes TNI Tinjau TMMD Ke 101 Di Wilayah Kodim 0205/TK

Tanah Karo | suarasumut.com  –  Ketua Tim Wasev Mabes TNI Mayjen TNI Felix Hutabarat yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *