Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wabup Nias Serahkan Bantuan Untuk Balita Gizi Buruk

Wabup Nias Serahkan Bantuan Untuk Balita Gizi Buruk

Nias | suarasumut.com  —  Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH menyerahkan bantuan kepada balita gizi buruk yang ada di Kabupaten Nias. bantuan berupa bahan pangan berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Propinsi Sumatera Utara.

Pada acara penyerahan bantuan, di aula kantor pertanian Kabupaten Nias, Desa Hiliweto, Kabupaten Nias, Rabu (17/1), Wakil Bupati Nias menuturkan jika pemenuhan bahan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.
Ketahanan pangan terdiri atas tiga pilar utama, yaitu ketersediaan pangan, aksebilitas pangan dan komsumsi serta pemanfaatan pangan. Masalah yang terjadi di Kabupaten Nias menyangkut aspek konsumsi.

Menurut dia, sebagaian besar masyarakat Kabupaten Nias hanya menkonsumsi beras, dan kurang menkonsumsi bahan pangan seperti umbi umbian, kacang kacangan, pangan hewani, maupun sayur dan buah, sehingga kondisi tersebut tidak menguntungkan, khususnya dari segi kesehatan.

Ditinjau dari segi kesehatan, pola konsumsi yang baik adalah pola konsumsi yang dapat memberikan asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kesehatan sekaligus kemampuan inteligensia khususnya bagi balita.

Semakin beragam pangan yang dikonsumsi maka akan semakin lengkap pula zat gizi yang dapat terpenuhi. Maka pemerintah melalui dinas ketahanan pangan dan peternakan Propinsi Sumatera Utara melakukan upaya perbaikan gizi masyarakat melalui kegiatan penanganan gizi buruk dan daerah rawan pangan berupa pemberian bantuan rawan pangan.

Tidak lupa Wakil Bupati Nias berpesan, dengan adanya upaya perbaikan gizi masyarakat melalui kegiatan pemberian bantuan, mutu gizi masyarakat, khususnya bagi penerima manfaat semakin meningkat, sehingga kesehatan balita terus meningkat dan masalah gizi buruk dan kurang gizi di Kabupaten Nias dapat teratasi.

Berdasarkan laporan panitia pada penyerahan bantuan, diketahui jika jumlah balita kurang gizi di Kabupaten Nias sebanyak 30 orang. Balita gizi buruk tersebut berasal dari Kecamatan Ulu Gawo, Kecamatan Hiliserangkai, Kecamatan Idano Gawo, Kecamatan Ma’u, Kecamatan Sogae,adu dan Kecamatan Somolo molo.

Bantuan bahan pangan yang diberikan adalah beras, gula pasir, kacang hijau, biscuit dan susu bubuk.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Korem 023/KS Gelar Komsos Bersama Aparat Pemerintah Daerah

Sibolga | suarasumut.com –  Dalam memperkuat jalinan silaturahmi Korem 023/KS gelar komunikasi Sosial (Komsos) di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *