Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Wabub Sergai, Jadikan 4 Pilar Sebagai Ideologi Dan Landasan Hidup Bermasyarakat

Wabub Sergai, Jadikan 4 Pilar Sebagai Ideologi Dan Landasan Hidup Bermasyarakat

Sergai | suarasumut.com  –  Untuk diketahui bersama bahwa nilai-nilai ideologi kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Harapan kita bersama kiranya Pancasila dapat diterapkan sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang dapat kita gunakan sebagai prinsip dan nilai-nilai yang jadi karakteristik masyarakat Indonesia.

Begitu juga dengan UUD 1945 dalam fungsinya sebagai konstitusi negara, pembukaan UUD 1945 menjadi acuan dalam melaksanakan program-program pembangunan, sumber kekuasaan, HAM, sistem demokrasi, faham kebersamaan dan kegotongroyongan yang intinya menjadi dasar bagi seluruh sistem pemerintahan, sistem politik, sistem ekonomi, sistem ketatanegaraan dan sistem lainnya.

Demikian disampaikan Wabup Sergai Darma Wijaya saat membuka Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang bekerjasama dengan MPR RI dan BPC HIPMI Sergai di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Kamis (15/12).

Lanjut Wabup Sergai, bahwa NKRI adalah sebuah konsepsi bangsa Indonesia akan keberadaan/kondisi negara Indonesia dalam bentuk kewilayahan/kepulauan.Kedaulatan bangsa Indonesia harus senantiasa dijaga dan dipertahankan prinsip bela negara untuk menjaga NKRI dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, ujarnya.

Sedangkan Bhineka Tunggal Ika dapat menjadi semboyan sekaligus prinsip negara yang sekaligus berfungsi sebagai prajurit persatuan dan kesatuan membangun bangsa yang menghargai pluralitas dan keberagaman.Oleh karenanya keberadaan 4 pilar harus terus dipertahankan, dijaga dan dipelihara karena merupakan ideologi bangsa yang melandasi sistem keyakinan yang berisi konsep, prinsip dan nilai yang dianut oleh rakyat Indonesia sebagai kekuatan dalam landasan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dengan adanya sosialisasi 4 pilar ini, Wabup Sergai berharap para peserta dapat mengimplementasikannya kepada masyarakat Sergai. “Harapan saya visi untuk mewujudkan Kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan dapat direalisasikan bersama,”pungkas Darma Wijaya.

Hadir dalam acara tersebut Anggota MPR RI Drs. Sirmadji, M.Pd, Ketua BPC HIPMI Sergai Muhammad Ziad Ananta, S.Sos, M.Si, Kakan Kesbang Polinmas Drs. Purba Siregar, para pengusaha muda Sergai, pelajar, masyarakat,insan pers serta undangan lainnya.

Ketua BPC HIPMI Sergai Muhammad Ziad Ananta, S.Sos, M.Si mengatakan sebagai pemuda kita harus memperkokoh rasa nasionalisme serta memiliki pengetahuan. HIPMI juga memiliki hasrat yang besar dan berharap jiwa nasionalis para pelajar dan pengusaha muda tumbuh subur didalam jiwa.

Disela-sela acara,sebagai kerjasama yang baik dalam menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia,anggota MPR RI Drs.Sirmadji,M.Pd menyerahkan cenderamata kepada Wabup Sergai Darma Wijaya.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...