Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Untuk Pertahankan Adipura Pemko Galakkan Gotongroyong Sabtu Bersih

Untuk Pertahankan Adipura Pemko Galakkan Gotongroyong Sabtu Bersih

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Walikota Tebing Tinggi Ir. Umar Zunaidi MM laksanakan rapat koordinasi dengan para SKPD, antara lain Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Tebingtinggi Rusmiati ST, Kadis Pertanian Marimbun Marpaung SP, Badan Lingkungan Hidup, Camat dan Lurah, Elemen Masyarakat dan Stakeholder lainnya. Acara berlangsung di lapangan terbuka dekat tempat TPA sampah Kota Tebingtinggi di Kelurahan Tebingtinggi, Kecamatan Padang Hilir, Rabu (27 /07).

Rapat koordinasi ini juga dihadiri oleh Kapolresta Tebingtinggi AKBP.Selamat Lusiono SIK, Danramil 13 Kapten Inf. Salehan.

Walikota, dalam acara rapat koordinasi ini meminta kepada seluruh Kepala SKPD, Camat dan Lurah agar secara bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan kantor dan kota setiap hari. Demikian juga halnya dengan masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungannya.

Walikota meminta kepada Kadis Kebersihan dan Pertamanan Rusmiati ST yang telah berhasil memimpin secara langsung gerakan kebersihan dengan jajarannya agar secepatnya membuat SK Bank Sampah sampai proses persiapan seluruh penataannya sampai ke daur ulangnya. Hal yang sama kepada PDAM diminta untuk menguji mutu air,  juga dengan Dinas Perhubungan melakukan uji emisi gas buang terhadap kendaraan dan juga Deperindagkop dengan uji teranya.

Kepada para Camat dan Lurah agar bertanggungjawab penuh atas kebersihan lingkungan dan daerahnya dengan bentuk konkritnya, setiap sore harus melihat daerah lingkungannya, memperhatikan kebersihannya. Tak ketinggalan khusus untuk Dinas Pendapatan agar memperhatikan langsung semua pasar tradisional maupun pasar modern yang ada di Kota Tebingtinggi.

Walikota menjelaskan, penilaian Kota Adipura 2016 akan dilihat dari komponen masyarakat di suatu kota yang turut andil langsung dalam menjaga kebersihan, juga membudayakannya. Pemerintah Kota telah mencanangkan setiap minggunya melaksanakan gotong royong serentak. Dalam waktu dekat Pasar Gambir di Jalan Iskandar Muda secara bergotongroyong akan ditata sebaik mungkin. Para pedagang akan diminta untuk menempati lokasi/stan stan yang telah tersedia dan ini akan dilaksanakan terus menerus setiap hari Sabtu dengan gotong royong.

Juga, Walikota meminta kepada dinas terkait agar memelihara peralatan yang ada, tempat pembuangan sampah terlihat rapi, juga merawat peralatan setelah selesai penggunaannya. Karena ini adalah bagian dari upaya pemerintah kota dan masyarakat untuk mempertahankan Adipura.

Ketika awak suarasumut.com mengkonfirmasi tentang regulasi gotong royong setiap minggunya dan untuk pertahankan Adipura, Walikota menjelaskan, bahwa pemerintah kota telah menetapkan dengan regulasinya dalam se minggu dilaksanakan Sabtu bersih mulai dari masyarakat, Pejabat Pemerintah dan Kepala Lingkungan, Lurah, Camat, SKPD untuk membersihkan lingkungan dan kantornya masing-masing. “Ini adalah kata kunci agar kebersihan menjadi budaya dan Kota Adipura tetap bisa dipertahankan di Kota Tebingtinggi tercinta,”tegasnya.(ag/ss/tt)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...