Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Unik, Bunga Bangkai Yang Tumbuh di Poriaha Ini Selalu Dikunjungi Masyarakat

Unik, Bunga Bangkai Yang Tumbuh di Poriaha Ini Selalu Dikunjungi Masyarakat

Tapteng | suarasumut.com  –  Diperkirakan dua pekan terakhir ini, dua ‘Amorphophallus’ atau yang disebut ‘Bunga Bangkai’, ditemukan petani tumbuh di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Aek Napa kawasan Poriaha, desa Tapian Nauli IV, kecamatan Tapian Nauli, kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Tampak kondisi bunga raksasa yang salah satunya digeser kini dengan tinggi berkisar 1,7 meter termasuk tongkol yang kosong serta berdiameter berkisar 30 cm termasuk bunga kembang.

Bunga bangkai yang didatangi kumbang dan serangga ini juga tidak kalah menjadi daya tarik para pengunjung di hari raya Waisak, dan di dalam bulan suci Ramadhan.

“Ada dua, yang satunya tumbuh di area perbukitan sana, tidak jauh dari sini, saya ambil yang satu ini untuk mempermudah pengunjung yang datang,” kata Aritonang penemu bunga bangkai di areal kebunnya yang salah satunya di pindahkan di jalinsum Rampa Poriaha, Selasa (29/05/2018) sekira pukul 17.30 Wib.

“Banyak orang yang datang, bahkan ada orang tua yang niat ingin melihatnya, makanya yang satu ini kami geser sebagai contoh. Bila ingin melihat yang sedang mekar, kami bersedia menunjukkan yang satunya lagi, besok ajalah ini sudah mulai malam,” ujarnya terhadap pengunjung.

Menurut Aritonang, demi menjaga keamanan, bunga yang digeser ke lokasi jalinsum itu dicabut lagi bila jelang petang dan di tanam kembali sambut mentari selama sedang berlangsung dalam seminggu.

Ditambahkan Aritonang, pihak pemerintah setempat baik itu melaui camat Tapian Nauli Rinaldi Siregar juga sudah datang ke lokasi dan berpesan agar bunga itu selalu dijaga.

“Tadi Camat berpesan agar bunga bangkai itu dijaga dengan baik,” tuturnya.

Para pengunjung yang datang tidak dikutip karcis/dipatok biaya pengunjung, hanya saja sebatas sukarelawan sebagai jasa dalam menjaga bunga bangkai itu.

Elja Hernawaty salah satu pengunjung yang mengaku baru kali ini melihat secara langsung bunga bangkai yang dipelajari semasa menginjak di bangku sekolahnya.

“Ini bunga induk di Sumatra, yang nyata langsung saya lihat dan saya rasakan,” sahutnya.

Bunga yang ada di kawasan Poriaha Julu ini jarak tempuh hanya berkisar 4 km dari simpang jalan PLTU Labuhan Angin, kecamatan Tapian Nauli.

Amorphophallus ini juga menjadi viral baik itu di akun medsos, serta beberapa media. Tampak juga silih berganti masyarakat yang datang ke lokasi itu dalam momen pengambilan foto selfi annya.(ph/ss-tt)

Kata kunci terkait:
bunga bangkai poriaha, bunga bangkai di poriaha

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.