Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Tugu Gempa Di Kota Gunungsitoli Mulai Dibangun

Tugu Gempa Di Kota Gunungsitoli Mulai Dibangun

Gunungsitoli | suarasumut.com  —  Tugu gempa atau monumen untuk mengenang tragedi gempa dan Tsunami di Pulau Nias tanggal 28 Maret 2005 dimulai pembangunannya. Tugu Gempa yang dibangun di titik nol Pulau Nias yang terletak di Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli diperkirakan memakan biaya Rp 2 milliar.

Sudirman Zebua, ST, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang menangani pembangunan tugu gempa membenarkan jika pembangunan tugu gempa di Kota Gunungsitoli sudah dimulai. Namun, Sudirman yang ditemui di kantor Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan Tirta, Desa Sifalaete, Kota Gunungsitoli memberitahu, untuk tahap pertama tahun 2017 yang dibangun hanya bangunan pendukung bagian luar.

“Tahun ini yang sedang dikerjakan hanya bangunan pendukung bagian luar, dan tahun depan ditargetkan seluruh tugu gempa sudah selesai dibangun. Tahun ini anggarannya berkisar kurang lebih Rp 400 juta, dan kita perkirakan dana untuk membangun tugu gempa beserta taman mencapai Rp 2 milliar atau bisa lebih jika ada perubahan atau tambahan bentuk bangunan,” terang Sudirman.

Namun, kepada media Sudirman belum bisa memastikan bentuk rill tugu gempa yang akan dibangun. Menurut dia, bisa saja terjadi perubahan sewaktu waktu sesuai luas tanah yang digunakan untuk lokasi tugu gempa.

Dari hasil wawancara singkat dengan Sudirman, bisa diketahui jika di atas tugu gempa yang akan dibangun dibuat patung burung beo yang dikelilingi air mancur. Dibawah tugu gempa dan air mancur akan dibuat jalan berbentuk terowongan yang bisa dimasuki masyarakat, dan didalam terowongan tersebut ditempel foto atau dokumentasi tentang kejadian gempa yang melanda Pulau Nias 28 Maret 2005.

“Saat ini belum bisa kita pastikan bentuk tugu gempanya, karena lahan yang ada masih terbatas, dan Pemerintah Kota Gunungsitoli sedang melobi pemilik lahan bekas Hotel Wisata yang ada di dekat lokasi pembangunan tugu. Secara garis besar, lokasi tugu gempa berbentuk taman dengan air mancur dan patung beo diatas. Dibawah tugu dibuat lorong atau terowongan yang ditempeli foto atau dokumentasi tragedi gempa,” bebernya.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Potensi Pasar Kentang Goreng Indonesia, Belgia Lirik Indonesia Sebagai Pasar Ekspor Utama Di Asia Tenggara

Jakarta | suarasumut.com – Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun ...