Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Hukum & Kriminal ›› TTL PNPM Pisew Panai Hilir Diduga Jadikan LKD “Sapi Perah”

TTL PNPM Pisew Panai Hilir Diduga Jadikan LKD “Sapi Perah”

Labuhanbatu, suarasumut.com – Berdalih untuk biaya umum tenaga tehnik lapangan (TTL) PNPM Pisew dituding menjadikan Lembaga Masyarakat Desa (LKD) sebagai “sapi perah” guna memperoleh keuntungan pribadi dengan dalih Biaya Umum (BU).

Pasalnya, menurut keterangan sumber yang patut dipercaya dan informasi dari sejumblah LKD menyebutkan kalau PN selaku TTL PNPM Pisew di kecamatan Panai Hilir melakukan pengutipan biaya umum diluar kesepakatan di SP3, sehingga LKD sebagai pengelola anggaran merasa dijadikan “sapi perah” demi untuk memperoleh pundi-pundi rupiah .

Akibatnya, pelaksanaan Program PNPM Pisew ini terbilang amburadul dan asal jadi, hal ini dikarenakan anggaran yang seharusnya diperuntukan untuk membangun fisik menjadi berkurang,bahkan sampai saat ini pun masih banyak bangunan fisik yang terkendala lantaran dananya telah habis untuk mengisi “kantong-kantong”pribadi .

Kepada wartawan, sumber yang layak dipercaya ini menyebutkan kalau pengutipan BU yang sampai saat ini tidak jelas peruntukannya itu sangat berdampak pada kondisi bangunan fisik yang dikerjakan LKD, bahkan ironisnya pengutipan yang menurut informasi dari sejumblah LKD dilakukan oleh TTL ini jumblahnya diluar kesepakatan perjanjian kontrak pemberian pekerjaan.

Hal ini jelas merugikan negara, sebab dana sebesar Rp1,1 milyar ini bukan diperuntukan untuk BU, melainkan pelaksanaan fisik, sedangkan untuk biaya umum dan lainnya anggarannya bersumber dari dana kosering atau pendamping.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...