Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› Triwulan III, Realisasi Pencapaian PBB Dairi Rp.1,4 M

Triwulan III, Realisasi Pencapaian PBB Dairi Rp.1,4 M

Dairi, suarasumut.com – Realisasi pencapaian setoran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB)P2 Kabupaten Dairi, hingga saat ini yang masuk bulan Oktober 2014 sudah mencapai sekitar 1,425 Milliar atau 64 Persen dari Perolehan yang ditargetkan dan dibebankan dalam APBD tahun 2014 sebesar Rp 2,29 miliar. Sementara tahun anggaran 2014 tinggal 2 bulan 2 minggu lagi.

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Pendapatan, J.Banurea didampingi Kepala Seksi Pendapatan lain-lain pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (Dippeka) Hoslin Sihombing, dikonfirmasi wartawan , selasa(14/10) di kantornya.

Dia mengatakan, pencapaian itu kurang lebih baru sekitar 64 persen . Tetapi, kata dia, kemungkinan hingga akhir tahun nanti dia optimis bisa mencapai angka sekitar 100 persen dari target yang dibebankan. “Upaya untuk mengejar target itu terus kita lakukan berupa himbauan ke masyarakat lewat radio maupun lewat petugas di lapangan yakni perangkat desa supaya segera melunasi pajak dimaksud,” katanya optimis.

Selain itu, pemkkab telah membuat spanduk di masing-masing Desa dan Kelurahan untuk mengingatkan kepada wajib pajak perihal jatuh tempo pembayaran PBB P2. Sementara pihak kelurahan dan kecamatan juga diharapkan membantu melakukan penagihan. Apabila terdapat kesalahan pada SPPT, kelurahan dan Desa agar melaporkannya ke Dispenda

Selain itu, kata Banurea, melalui arahan-arahan Sekda maupun inspektorat terus dihimbau kepada para camat untuk terus menggenjot penarikan pajak itu ditingkat desa untuk mempercepat pelunasan oleh masyarakat. Menurut dia, sebenarnya target yang dibuat tersebut masih tergolong kecil bila dibanding jumlah penduduk maupun bangunan yang ada di dairi.

“Tapi, untuk saat ini jumlah wajib pajak di Kabupaten Dairi belum punya data riil. Artinya masih banyak bangunan warga yang belum terdata seperti di Kota Sidikalang maupun Sumbul. Sehingga masih banyak potensi pajak yang bakal diterima,” katanya.

Direncakan, untuk menambah penghasilan atau pendapatan asli daerah (PAD) bersumber dari pajak dimaksud, pada tahun 2015 mendatang akan dilakukan pendataan ulang untuk menjaring wajib pajak.

“Sebab, SPT yang ada sekarang masih banyak bermasalah misalnya objek maupun wajib pajak belum dimiliki. Untuk itu dihimbau kepada warga supaya taat pajak, karena pajak yang dibayarkan untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah otonom dimaksud,” sebut Banurea.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

Walikota Sibolga Lantik 9 Pejabat Eselon II Dan Kepala PDAM Tirta Nauli

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Walikota Sibolga, Drs.HM.Syarfi Hutauruk,MM, lantik sembilan pejabat Eselon II dilingkungan Pemko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *