Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Tipu Korban Rp 80 Juta, Calo CPNS Ditahan Polisi

Tipu Korban Rp 80 Juta, Calo CPNS Ditahan Polisi

GUNUNGSITOLI, suarasumut — Karena menipu korban sebesar Rp 80 juta, Yul Daeli alias Ama Sona warga Desa Sifalaete, Kota Gunungsitoli ditahan penyidik Polisi Resort Nias, Selasa (17/6). Yul Daeli ditetapkan sebagai tersangka karena telah menipu korban Verawaty Damanik (24) dengan dalih bisa mengurus untuk menang menjadi CPNS di Kabupaten Nias Barat.

Hingga berita ini ditayangkan, Yul Daeli alias Ama Sona terpaksa dirawat di RSU Gunungsitoli karena usai diperiksa penyidik Polres Nias mengaku menderita penyakit, sehingga dilarikan di RSU Gunungsitoli untuk mendapat perawatan.

Orang tua korban Wardiman Damanik (51) yang ditemui wartawan di Mapolres Nias mengatakan, dia melaporkan Yul Daeli alias Ama Sona di Mapolres Nias (4/4) yang lalu, karena tak kunjung mengembalikan uang yang telah diserahkan sejak bulak Oktober 2013.

Menurut Wardiman, dia menyerahkan uang sebesar Rp 80 juta kepada Yul Daeli karena Yul Daeli mengiming iming bisa meloloskan anaknya Verawaty sebagai PNS di Kabupaten Nias, namun setelah uang diserahkan, ternyata anaknya tidak menang menjadi PNS di Kabupaten Nias Barat.

Karena uang yang telah dia berikan sebesar Rp 80 juta tak kunjung dikembalikan oleh Yul Daeli walau kerap ditagih, sehingga atas persetujuan keluarga dan anaknya, dia melaporkan Yul Daeli ke Mapolres Nias (4/4).
Pernyataan Wardiman tersebut dibantah oleh Yul Daeli yang ditemui wartawan ditempat yang sama, bahkan Yul daeli mengatakan jika dia telah dijebak oleh penyidik Polres Nias atas kasus yang tidak dia lakukan karena sebelumnya dia telah melaporkan salah seorang oknum anggota Polres Nias terkait kasus pemerasan.

Bahkan ketika diperiksa penyidik Polres Nias, wartawan melihat Yul Daeli sempat membuat keributan dengan berteriak teriak di kantor Sat reskrim Polres Nias, karena penyidik tidak mengijinkan Yul Daeli untuk meninggalkan kantor Sat Reskrim Polres Nias saat minta izin untuk makan siang.

Kasat Reskrim Polres Nias AKP.Arifieli Zega ditempat yang sama membenarkan jika Yul Daeli alais Ama Sona telah ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus penipuan terhadap Verawaty Damanik.

Menurut Kasat, berdasarkan laporan korban, Yul Daeli sebelumnya mengiming iming bisa mengurus dan meloloskan korban sebagai PNS di Kabupaten Nias Barat jika telah membayar uang sebesar Rp 80 juta.
Namun setelah menyerahkan uang Rp 80 juta, korban tak menang menjadi PNS dan uang korban juga tidak dikembalikan oleh Yul Daeli. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 subsider pasal 372 tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Barang bukti yang berhasil didapat penyidik dari korban sebuah kwintasi penerimaan uang sebesar Rp 80 juta dengan bunyi uang titipan sementara yang akan dikembalikan pada tanggal 4 Januari 2014 yang ditandatangani Yul Daeli.
Selain itu, Arifieli memberitahu, selain menipu Verawaty, Yul Daeli juga telah melakukan hal yang sama terhadap korban Yanaro Laia sebesar Rp 20 juta dan kasus tersebut saat ini masih dalam penyelidikan.(sp/ss/gs)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.