Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Tim Terpadu Tinjau Lokasi Ibukota Kabupaten Nias

Tim Terpadu Tinjau Lokasi Ibukota Kabupaten Nias

Nias, suarasumut.com – Tim Terpadu Lintas Kemeterian dan Lembaga RI meninjau lokasi calon Ibukota Kabupaten Nias, di Kabupaten Nias beberpa hari yang lalu. Tim yang meninjau terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan, Kementerian Setneg, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, Badan Informasi Geospasial, DITTOPAD dan Pemerintah Provisnsi Sumatera Utara.

Diantaranya adalah Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen BAK Kemendagri Dr. Tumpak Haposan, Ma, Asisten Deputi Bidang Pemdagri dan Otda Kementerian Setneg Slamet Karyono, SH, MH, Kabag Pemerintahan Pemprov Sumatera Utara Aswin lubis dan rombongan.

Kedatangan tim disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Nias, dimana penyambutan tim diawali dengan ekspos Pemerintah Kabupaten Nias yang sampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Drs. F. Yanus Larosa, M.AP tentang kesiapan dan aspek-aspek yang telah disiapkan.

Dari pemaparan Sekda Kabupaten Nias, diketahui jika Pemerintah Daerah Kabupaten Nias telah siap dalam memindahkan ibukota Kabupaten Nias. Hal ini ditandai dengan telah adanya lokasi pertapakan lokasi ibukota, telah di bangunnya infrastruktur baik akses jalan dan pembangunan gedung perkantoran serta kelengkapan-kelengkapan administrasi.

Maka, dengan kedatangan Tim terpadu ini, Pemkab Nias berharap percepatan pemindahan lokasi Ibukota Kabupaten Nias semakin cepat dan akan segera terwujud. Sesuai pantauan wartawan, setelah ekspos, tim terpadu meninjau langsung lokasi calon ibukota di Desa Hilizoi Kecamatan Gido baru baru ini.

Dari hasil ekspos dan peninjauan lokasi oleh Tim terpadu dari Jakarta dan Provinsi Sumatera Utara, disampaikan dan disimpulkan pada pertemuan dan ekspos Tim di Pendopo Kabupaten Nias, dari berbagai aspek, kondisi Geografis calon lokasi Ibu Kota terdapat di ketinggian kurang lebih 50 mdpl dengan koordinat 01º 05’ 57.4” LU 97º 43’ 16.2” BT.,

Kesesuaian dengan tata ruang, ketersedian lahan, sosial, budaya dan sejarah, politik dan keamanan, sarana dan prasarana serta Aksebilitas dengan memperhatikan keterjangkauan pelayanan masyarakat telah terpenuhi.

Pemilihan calon lokasi Kecamatan Gido menjadi Ibu Kota Kabupaten Nias sesuai dengan kesesuaian tataruang yang telah ditetapkan melalui Perda No. 1 thn 2014 tentang RT/RW Kab.Nias.Ketersediaan lahan terdapat di Desa Hilizoi, Kecamatan Gido dari hibah masyarakat seluas kurang lebih 16,4 Ha. Masih perlu penataan lahan Sistem jaringan prasarana transportasi darat sudah memadai terhadap lokasi calon ibu kota dengan memperhatikan keterjangkauan pelayanan dalam wilayah kabupaten.

Terdapat 6 SKPD di wilayah Kecamatan Gido, sehingga menunjang dalam kegiatan pemerintahan. Selanjutnya, aspek-aspek yang masih belum ada akan di proses secara Simultan. Setelah peninjauan, akan di bentuk Tim Penyusun RPP tentang pemindahan ibu kota yang dikoordinir Ditjen BAK Kemendragri, dan pemenuhan persyaratan oleh Pemkab Nias, dilakukan secepatnya dibawah koordinasi Pemprov Sumut.

Pada akhir ekspos, Tim Terpadu yang diwakili direktur Toponimi dan Batas daerah Ditjen Bak Kemendagri Dr. Tumpak Haposan Simanjuntak mengatakan, dengan telah di bangunnya kantor pemerintahan di calon lokasi ibukota Kabupaten Nias, supaya dapat dipergunakan oleh SKPD Pemkab Nias. Hal ini membuktikan keseriusan Pemerintah Daerah dalam memindahkan lokasi ibukota Kabupaten Nias.(sw/ss/ni)

Kata kunci terkait:
IBUKOTA KABUPATEN NIAS, tumpak haposan simanjuntak

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...