Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Tim EKPPD Berkunjung Di Kota Gunungsitoli

Tim EKPPD Berkunjung Di Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli | suarasumut.com — Tim Daerah Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) berkunjung ke Kota Gunungsitoli.

Kunjungan tim EKPPD atas LPPD diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE, M.Si pada pertemuan yang digelar di Aula Samaeri lantai II, kantor Wali Kota Gunungsitoli, Senin (22/08).

Pada pertemuan yang dihadiri Sekda Kota Gunungsitoli Drs. Edison Ziliwu, MM, M.Si, dan Kepala SKPD, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si dalam arahannya memberitahu, strategi utama mencapai tujuan desentraliasasi dan otonomi daerah, melakukan monitoring dan evaluasi secara teratur, serta komprehensif mengukur kemajuan dan tingkat keberhasilan pemerintah daerah dalam penerapan prinsip Good Governence.

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada pemerintah, laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah kepada DPRD dan informasi laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada masyarakat, mengamanatkan Wali Kota sebagai kepala daerah wajib melaporkan penyelenggaraan pemerintahan daerahnya dalam bentuk LPPD.

LPPD memuat atau menggambarkan hasil-hasil pembangunan yang isinya adalah pelaksanaan program dan kegiatan selama satu tahun. Selain gambaran keberhasilan, LPPD juga menggambarkan berbagai kendala yang dihadapi selama penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2015.

Baik itu kendala mengenai kurang lengkapnya sarana/prasarana, maupun karena kurangnya pemahaman SKPD dalam menyusun laporan penyelenggaraan pemerintah daerah LPPD, sehingga diharapkan penyelenggaraan pemerintahan di tahun berikutnya dapat berrjalan lebih efektif, efesien dan akuntabel.

Tidak lupa, Wakil Wali Kota Gunungsitoli mengungkapkan, tujuan kedatangan tim teknis daerah EKPPD ke Kota Gunungsitoli, untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam memanfaatkan hak yang diperoleh daerah.

Tim teknis daerah EKPPD ingin melihat capaian keluaran (output), dan sebagai umpan balik serta rekomendasi bagi daerah untuk mendorong peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah Kota Gunungsitoli selama tahun 2015. Kedatangan tim EKPPD dapat menjadi pembelajaran untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintahan Kota Gunungsitoli untuk waktu yang akan datang.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...