Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Tiga Paslon Tidak Menanda Tangani, Paslon Urut Tiga Suara Terbanyak

Tiga Paslon Tidak Menanda Tangani, Paslon Urut Tiga Suara Terbanyak

Tapteng | suarasumut.com  –  Rapat Pleno penghitungan suara bagi ke empat (4) pasangan calon Bupati/Wakil tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) periode 2017-2022 berjalan dengan kondusif. Namun untuk hasil rekapitulasi surat suara bagi ke empat (4) Paslon tersebut ada tiga (3) pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Tapteng yang tidak menandatanganinya.

”Diantara ke empat (4) saksi Paslon, hanya saksi Paslon Badar yang menandatangani hasil rekapitulasi tersebut,” kata Ketua KPUD Tapteng Ir Halomoan F Lumban Tobing setelah hasil Rapat Pleno yang dihitung masing PPK dari 20 kecamatan di 20 kotak suara yang ada di Kabupaten Tapteng, Rabu (22/2/2017) di GOR Pandan.

Dikatakannya, saksi maupun yang mewakili yang hadir selama Pleno itu hadir maupun yang tidak hadir dan yang tidak menanda tangani para Saksi dari Paslon tidak menjadi penghalang terhadap hasil rekapitulasi surat suara itu.

”Penetapan calon itu tanpa ditandatangani oleh saksipun bukan menjadi masalah, penetapan suara tetap berjalan beradasarkan Peraturan PKPU,”jelas Halomoan.

Ketika ditanya tentang sanggahan Halomoan mengungkapkan masa sanggahan dalam hasil surat suara tersebut ada selama 3 hari yang di mulai Kamis 23 Februari 2017.  “Berdasarkan PKPU mulai Senin besok sangahan tersebut akan kami ajukan langsung berkasnya ke Mahkamah Konstitusi (MK),”jelasnya.

Terkait ungkapan kesalahan pengambilan kotak dalam rekapitulasi surat suara tentang persidangan itu, kata Halomoan akan dimasukkan kedalam DB 2. “Intinya waktu ada pembukaan kotak dari kecamatan Sososorgadong, salah pengambilan kotak suara, itu menjadi suatu target yang kurang tepat,”kesal Halomoan.

Tampak selama dalam perhitungan penukaran kotak tersebut menuai kekesalan dari salah satu saksi Paslon yang mengatakan kurang professional baik dalam pengawasan pada pergantian kotak suara dari Kecamatan Sosorgadong.

“Hasil suara itu memang kita akui 100 persen, tetapi kenapa tidak diawasi terlebih dahulu dalam pergantian kotak surat suara tersebut,” ungkap salah satu saksi paslon.

Paslon Badar Suara Terbanyak

Berdasarkan perolehan hasil Rapat Pleno dengan berita acara nomor : 30/BA/II/2017 surat suara dari ke empat pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Tapteng 2017 yang dihitung mulai pukul 17.00 Wib. Total keseluruhan hasil suara sebanyak 142.531 suara yang memilih, yang diraih Paslon Badar nomor urut 3 (tiga).

Paslon Amira nomor urut 1 meraih sebanyak 44.103 suara, Paslon Paus nomor urut 2 meraih suara sebanyak 22.937 suara, Paslon Badar nomor urut 3 meraih suara sebanyak 63.298 suara, Paslon Besar nomor urut 4 meraih suara sebanyak 12.193 suara.

Tampak diantara ke empat (4) beberapa Saksi Paslon dalam rapat itu ada yang hadir dan ada yang tidak hadir. Saksi Paslon Amira nomor urut 1 hadir, saksi Paslon Paus nomor urut 2 tidak hadir, Paslon Badar nomor urut 3 hadir, dan Paslon Besar nomor urut 4 hadir.

“Mari kita jaga bersama kekondusifan untuk tidak menimbulkan gejolak, karena Kabupaten Tapteng kedepan pembangunannya akan berjalan secara kondusif,”tutup Ketua KPUD Tapteng Halomoan FL Tobing dalam Pleno. (ph/ss-tt)

Kata kunci terkait:
kpud tapteng

Lihat Juga

Bupati Labuhanbatu Hadiri Arahan Mendagri

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahan kepada Forum Komunikasi ...