Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› Terkesan Asal Dikerjakan, Pelebaran Jalan Kota Sidikalang Rusak Pipa PDAM Tirta Nciho

Terkesan Asal Dikerjakan, Pelebaran Jalan Kota Sidikalang Rusak Pipa PDAM Tirta Nciho

Sidikalang, suarasumut.com – Diduga tidak sesuai dengan isi perjanjian kontrak, pelaksanaan kegiatan pembangunan/ peningkatan jalan lingkungan permukiman Kabupaten Dairi Tahun 2014 dan pembangunan/ pemeliharaan drainase/ gorong-gorong dari dana APBD Dairi 2014 menuai masalah. Pelaksanaan proyek yang seharusnya dengan manual dilaksanakan dengan menggunakan alat berat sehingga merusak banyak pipa distribusi dan pipa saluran air ke rumah penduduk milik PDAM rusak di seputaran kota Sidikalang.

Kerusakan instalasi tersebut selain merugikan pihak PDAM Tirta Nciho Sidikalang, juga ratusan pelanggan yang menggantungkan pasokan air bersih terganggu selama beberapa minggu terakhir ini. Warga yang sangat kecewa karena terganggu meliputi, Jl Gereja yang dikerjakan oleh CV. Dohar, Jl. FL Tobing Barisan Nauli (Barna) dikerjakan CV. Mahaga Karya Abadi, Jl. Trikora dikerjakan CV. Paduan Tenaga, Jl. Trikora dan J.l Kelasen yang dikerjakan oleh pihak PD Martadiguna, Jl Boang dan Jl Pekan dikerjakan CV Putra Tunggal Sejati, serta Perumnas Kalang Simbara dan Belang Malum oleh CV. Tiop.

Direktur Utama PDAM Rafael Ginting kepada media, Rabu (15/10) membenarkan adanya kerusakan pipa air milik PDAM di beberapa lokasi pelaksanaan kegiatan proyek. Ginting sangat menyesalkan kejadian tersebut karena selama ini pihak kontraktor proyek tidak proaktif berkoordinasi dengan PDAM Tirta Nciho saat akan melakukan pengerukan atau penggalian tanah di kiri-kanan jalan yang akan dilebarkan.

“Seharusnya tidak seperti itu karena didalam tanah di sepanjang jalan tersebut ada jaringan pipa PDAM, Telkom dan lainnya. Kontraktor seharusnya berkoordinasi saat akan mengeruk tanah agar tidak merugikan pihak lain,” sebut Ginting

Ditambahkan Ginting, merekaa sudah membuat pertemuan Rabu (15/10) dan membuahkan kesepakatan. “Pemborong melakukan perbaikan/ mengganti keruskaan pipa distribusi dan pipa sambungan ke rumah-rumah masyarakat,” ujarnya

Kadis Cipta Karya melalui Sekretaris Dinas Cipta Karya, Kasim Kudadiri mengakui ada kerusakan pipa distribusi PDAM Tirta Chiho dan pipa sambungan ke rumah-rumah penduduk disebabkan oleh pelaksanaan kegiatan pembangunan/ peningkatan/ pelebaran jalan dan gorong-gorong di beberapa lokasi di Kecamatan Sidikalang. Kuda Diri membenarkan adanya pertemuan pihak-pihak terkait dan memberikan solusi terhadap kerusakan yang terjadi.

“Sudah ada pertemuan antara PDAM Tirta Nciho, Dinas Cipta Karya Kabupaten Dairi dan pihak Kontraktor, tadi siang. Kesepakatan sudah dibuat, untuk melakukan perbaikan/ mengganti kerusakan pipa dengan ketentuan bahwa pihak PDAM akan menugaskan teknisi untuk pemasangan pipa yang rusak dan sambungan ke rumah-rumah masyarakat serta memeriksa kualitas bahan/ material dan ukuran pipa yang akan disedikan oleh pihak kontraktor di lapangan agar sesuai dengan spesifikasi PDAM. Saat pelaksanaan pekerjaan tersebut nantinya, seluruh bahan/ material serta biaya operasional menjadi tanggung jawab pihak kontraktor,” ujar Kuda Diri.

Pantauan kru media di kota Sidikalang, kerusakan pipa sudah membuat ribuan warga kesusahan untuk mendapat pasokan air bersih selama dua minggu terakhir. Salah seorang warga Jl FL Tobing Mela (30) mengaku pasokan air bersih dari PDAM terhenti sejak seminggu yang lalu. Sedangkan warga Jl. Trikora, Jl Tembakau dan seputaran kota Sidikalang sudah mengalaminya terlebih dahulu sekitar dua minggu yang lalu.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

Walikota Sibolga Lantik 9 Pejabat Eselon II Dan Kepala PDAM Tirta Nauli

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Walikota Sibolga, Drs.HM.Syarfi Hutauruk,MM, lantik sembilan pejabat Eselon II dilingkungan Pemko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *