Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Terkait Pungli, FK & TTL PNPM Pisew Panai Hilir Terancam Dibui, LSM SIKAP Bakal Surati Kejari & Polres

Terkait Pungli, FK & TTL PNPM Pisew Panai Hilir Terancam Dibui, LSM SIKAP Bakal Surati Kejari & Polres

Panai Hilir, suarasumut.com – Pungutan liar alias pungli atas biaya anggaran PNPM Pisew T.A 2014 yang diduga kuat dilakukan oleh oknum Fasilitator kecamatan (FK) PNPM Pisew Kecamatan Panai Hilir Labuhanbatu berinisial SP yang berkolaborasi dengan Tenaga Tehnik Lapangan (TTL) terhadap seluruh Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) se kecamatan Panai Hilir mencapai 10 % lebih dari Rp 1,1 Milyar , bakal dilaporkan ke Penegak hukum.

Pasalnya, menurut informasi dari sejumblah LKD serta hasil investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat Suara Informasi Korupsi Anggaran Pemerintah (LSM SIKAP) Kabupaten Labuhanbatu Bung Nasty kepada sejumblah LKD di kecamatan Panai Hilir ditemui adanya penyimpangan anggaran PNPM Pisew T.A 2014 yang berpotensi merugikan keuangan Negara hingga 10 % lebih dari pagu Rp 1,1 Milyar.

Akibatnya, pelaksanaan program Pemerintah dalam membangun sosial ekonomi wilayah di daerah –daerah terkendala dan merugikan keuangan Negara hingga ratusan juta rupiah.

Berdasarkan informasi yang dirangkum LSM SIKAP, pungutan liar tanpa UU serta peraturan yang jelas ini dilakukan oleh oknum Fasilitator Kecamatan (konsultan) berinisial SP hingga mencapai 10% lebih yang disunat dari seluruh LKD, hal ini sangat berdampak pada pelaksanaan kegiatan PNPM Pisew yang dikerjakan oleh LKD sebagai kuasa pengguna anggaran, sebab anggaran yang seharusnya untuk biaya fisik malah disunat oknum FK serta TTL hingga 10% lebih.

Sementara itu, sebelumnya SP sendiri saat dihubungi wartawan guna mengkonfirmasi terkait hal ini melalui pesan singkatnya membantah melakukan pengutipan kepada LKD,namun ketika disebutkan kalau informasi pengutipan BU yang dilakukan nya bersumber dari Salah satu staf yang berkompeten di PNPM Pisew ini, SP tak mampu menjawab.

Untuk menuntaskan persoalan ini, LSM SIKAP segera akan menyurati Kejari dan Polres Labuhanbatu guna menindaklanjuti penyimpangan anggaran yang terjadi pada PNPM Pisew di Kecamatan Panai Hilir ini.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Rantauprapat, AP.Naibaho , SH sebelumnya ketika ditanya terkait persoalan ini di ruang kerjanya, mengatakan agar LSM SIKAP segera melaporkan hal ini secara resmi melalui surat tertulis agar pihak Kejari dapat mengusut serta memanggil oknum tersebut guna dilakukan pemeriksaan .(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...