Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Terkait Masalah Sosial, Polres Nias Gelar Rakor Dengan Dinas Sosial Dan RSU

Terkait Masalah Sosial, Polres Nias Gelar Rakor Dengan Dinas Sosial Dan RSU

Nias, suarasumut.com – Terkait penanganan masalah sosial yang terjadi di wilayah hukum Polres Nias, Polres Nias menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Sosial dan RSU yang ada di wilayah hukum Polres Nias. Rakor digelar di ruang Kasat Reskrim Polres Nias, Jalan Melati, Kota Gunungsitoli, Kamis (30/4).

Pada rapat yang dipimpin Sat Reskrim Nias AKP.Selamat Kurniawan Harefa dan dihadiri Direktur RSU Gunungsitoli Dr.Julianus Dawolo, Kadis Sosial Nias Utara Toro, Aro Lafau, Kadis Sosial Kabupaten Nias Barat Zisokhi Halawa, Kabid PPMKS, Dinas Sosial Kota Gunungsitoli Anwar Harefa dan perwakilan Dinas Sosial Kabupaten Nias Alisokhi Tafonao, dibahas terkait penemuan mayat yang tidak memiliki identitas atau Mr X, penanganan warga penderita penyakit jiwa, dan pasien miskin yang dirawat di RSU.

Pada rapat yang berlangsung singkat, disimpulkan beberapa kesepakatan diantaranya penemuan mayat tanpa identitas diserahkan penanganannya kepada masiKorban kecelakaan yang tidak memiliki biaya atau warga miskin, penyidik berjkewajiban untuk menyarankan keluarga korban mengambil surat keterangan miskin atau tidak mampu ke Dinas Sosial dimana korban berdominisil dan diserahkan ke RSU Gunungsitoli.

Untuk penanganan warga yang memiliki gangguan jiwa, Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah Polres Nias tidak mampu menangani. Alasannya, karena hingga saat ini Pemkab/Pemko di wilayah Polres Nias tidak memiliki panti sosial.

Disarankan kepada RSU Gunungsitoli untuk menyediakan Dokter Penyakit Jiwa di RSU Gunungsitoli, supaya dapat menentukan jika warga tersebut memiliki gangguan jiwa atau tidak dan seluruh Pemkab/Pemkot di wilayah Polres Nias disarankan menganggarkan penanganan mayat tanpa identitas, warga yang memiliki gangguan jiwa dan warga tidak mampu yang dirawat di RSU Gunungsitoli tahun depan.

Usai rapat koordinasi, para peserta rapat mengaku senang dapat mengikuti Rakor terkait maslah sosial, dan berharap kesimpulan yang telah disepakati dalam rapat dapat dilaksanakan ke depan demi kepentingan masyarakat.(sh/ss/gs)

Kata kunci terkait:
alisokhi tafonao1@gmail com

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...