Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Teknik UMSU, Raih Program Pengabdian Kepada Masyarakat Dari KEMENRISTEK DIKTI

Teknik UMSU, Raih Program Pengabdian Kepada Masyarakat Dari KEMENRISTEK DIKTI

Medan | suarasumut.com  – Program Pengabdian Masyarakat dengan Skim Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang di danai oleh KEMENRISTEK DIKTI diraih oleh Dosen Fakultas Teknik UMSU dan telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Bintang Asih pada tanggal 26 Nopember 2017 yang lalu, demikian dikatakan Munawar Alfansury Siregar, ST.,MT Dekan Fakultas Teknik UMSU didampingi Khairul Umurani, ST.,MT Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMSU dalam siaran pers (8/12) di Ruang Fakultas Teknik UMSU Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Munawar Alfansury Siregar, ST.,MT mengatakan dengan diresmikannya PLTMH ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di Dusun Bintang Asih, Desa Rumah Sumbul, Kecamatan Tigajuhar Kab.Deli Serdang dengan jumlah penduduk sebesar 135 jiwa.

“Kegiatan ini sepenuhnya di danai oleh KEMENRISTEK DIKTI sekitar 150-200 Juta dari skim Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) yang di peroleh salah seorang dosen tetap pada Program Studi Teknik Elektro Rimbawati, ST, MT, IPM, maka untuk mendorong semua dosen untuk lebih produktif dalam meneliti dan menulis artikel di jurnal ilmiah. Ke depan diharapkan dapat menghasilkan artikel yang dapat diterbitkan di jurnal ilmiah Internasional,”ngkapnya.

Pada kesempatan itu Rimbawati seorang Dosen Program Studi Teknik Elektro mengatakan bukan suatu hal yang mudah dalam meng-edukasi masyarakat di Desa terpencil dengan segala keterbatasan baik dari sisi pendidikan, ekonomi, karakter dan kebiasaan yang dimiliki. Ditambah lagi harus dapat membina hubungan dengan aparatur pemerintahan setempat yang terkadang cenderung under estimate terhadap kepakaran seorang Dosen dan Mahasiswa.

”Melalui program ini diharapkan seorang Dosen mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakat di sekitarnya, tidak hanya duduk manis di balik meja kuliah. Hal ini juga menjadikan desa sebagai tempat riset guna mengembangkan potensi SDA dan SDM yang ada,” demikian imbunya yang di dampingi Sekretaris Program Studi Teknik Elektro Partaonan Harahap,ST.MT.

Partaonan Harahap ST.MT mengatakan bahwa dosen berkewajiban memenuhi tugasnya guna menwujudkan Tridarma Perguruan Tinggi, yakni pengajaran kepada mahasiswa, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Ketiga unsur tersebut harus terpenuhi merupakan kewajiban yang wajib bagi setiap dosen. “Dosen yang terampil melakukan penelitian, selain menambah data jurnal/proseding juga akan menambah akreditasi dari pada fakultas itu sendiri,”katanya.(rd/ss-md)

Lihat Juga

Brakk!!! Mega Pro vs Vario, Satu Tewas, Satunya Lagi Kritis

TAPTENG | suarasumut.com  –  Lakalantas antara Mega Pro Bk 5800 ZAD vs Vario BB 5440 ...