Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Tekan Laka Lantas, Pemko Tebingtinggi Cek Kondisi Bus Dan Sopir

Tekan Laka Lantas, Pemko Tebingtinggi Cek Kondisi Bus Dan Sopir

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan bersama Kapolres AKBP Ciceu Cahyati menyaksikan secara langsung cek kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) serta pemeriksaan kesehatan dan tes urine para pengemudi (sopir) yang melintas di kota itu, Kamis (30/6) di Terminal Bandar Kajum Jalan KL Yos Sudarso.

Ciceu Cahyati mengatakan, pemeriksaan kondisi bus dan sopir ini dilakukan untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan lalulintas di jalan raya yang disebabkan karena kondisi bus yang kurang baik serta sopir bus yang kurang sehat. “Seluruh pengemudi akan dicek kesehatannya dan kita juga telah mempersiapkan obat dan vitamin bagi pengemudi yang sedang mengalami sakit atau kurang sehat,”ujar Ciceu.

Ditambahkan Kapolres, bila ditemukan pengemudi yang terindikasi positif mengkonsumsi narkoba dari test urine maka pihaknya akan menyerahkan penangananya kepada pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Serdangbedagai (Sergai) yang langsung melakukan test urine dilokasi.

“Bagi pengemudi yang positif mengunakan narkoba akan langsung kita larang untuk meneruskan perjalanannya demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Begitu juga dengan kendaraan yang setelah dicek mengalami kerusakan dan tidak layak jalan akan kita larang untuk melanjutkan perjalanan,” tegas Kapolres.

Sementara Umar Zunaidi mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang, dan ini juga untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian sopir. “Dengan kegiatan cek kesehatan sopir diharapkan angka kecelakaan bisa diturunkan, bagi supir yang kelelahan kita anjurkan untuk terlebih dahulu beristirahat. Dan diperingatkan kepada mereka untuk berhati-hati dalam mengemudi,”kata Umar.

Menurut Umar, cek kesehatan sopir ini akan berlanjut hingga sesudah hari raya dan posko nya akan dipusatkan di terminal. Bukan hanya pemeriksaan kesehatan saja, pihak Satlantas dan Dinas Perhubungan juga melakukan pemeriksaan surat-surat kenderaan, apabila ada yang melanggar aturan, petugas hanya memberikan tilang teguran. Kondisi bus seperti rem dan ban juga tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Umar menambahkan, Pemko Tebingtinggi siap untuk mendukung Polri dalam melaksanakan Operasi Ramadnya dengan mempersiapkan personil dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) serta ambulance. Pemerintah juga telah mengeluarkan surat edaran bahwa H-5 seluruh kendaraan truk, angkutan berat sudah mulai dilarang untuk beroperasi kecuali untuk sembako dan minyak. “Oleh karena itu kita berharap volume trafik dapat berkurang hingga 30 persen dari pada hari biasa,”paparnya.

Bagi pemudik dari Tebing Tinggi yang nantinya kehabisan kendaraan, Umar menuturkan, Pemko Tebingtinggi telah mempersiapkan kendaraan sebanyak 3 unit bus dari Dishub dan 4 bus dari Dinas Pendidikan (Disdik) yang nantinya bisa dipergunakan bagi pemudik yang nantinya mengalami hambatan. “Silahkan kontak atau hubungi ke pos pengamanan (pospam) yang ada,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Kadishub Syafrin Efendi Harahap, Kadis Kesehatan M Syah Irwan, Kabag Humas Pemko Bambang Sudaryono, Kabag Ops Kompol Janner Panjaitan, Kasat Lantas AKP Imam Aliyudin, Kepala BNN Sergai LM Sihombing dan Kaden B Brimob AKBP AF Ambat.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Walikota Sibolga Lantik 9 Pejabat Eselon II Dan Kepala PDAM Tirta Nauli

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Walikota Sibolga, Drs.HM.Syarfi Hutauruk,MM, lantik sembilan pejabat Eselon II dilingkungan Pemko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *