Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Tebingtinggi Gelar Deklarasi Budaya Baca, PT Inalum Sumbang Buku Bacaan

Tebingtinggi Gelar Deklarasi Budaya Baca, PT Inalum Sumbang Buku Bacaan

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Setelah Labuhanbatu, Serdang Bedagai dan Binjai, giliran Kota Tebingtinggi akan mendeklarasikan Gerakan Budaya Baca (Literasi). Deklarasi itu akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 1 Agustus 2016 di Lapangan Merdeka.

Diperkirakan 7000 pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK serta masyarakat Kota Tebingtinggi akan dilibatkan dalam deklarasi nantinya.

Direktur OS Institute OK Abdul Firman, SPd MSi, kegiatan melalui Manager Program OS Institute, Chaidir Chandra yang ditemui awak media, Kamis (28/07) mengatakan selaku pendukung dalam kegiatan deklarasi, PT Inalum (Persero) akan menyumbang buku bacaan kepada masyarakat Kota Tebingtinggi senilai seratus juta rupiah.

Sumbangan buku bacaan ini merupakan bentuk komitmen dan dukungan PT Inalum (Persero) dalam memajukan dunia pendidikan khususnya dalam program gerakan literasi. “Kita berharap buku yang disumbangkan pihak PT Inalum (Persero) ini bisa mendukung dan mensukseskan gerakan budaya literasi di Kota Tebingtinggi,”jelas Chaidir.

“Sebab, untuk melaksanakan kegiatan membaca setiap hari selama 15 menit sebelum memulai pembelajaran di sekolah/madrasah, kita harus memastikan ketersediaan buku bacaan kepada anak-anak kita,“terang Manager Program OS Institute, Chaidir Chandra mengutip penjelasan Firman.

Ditambahkannya, pihaknya sangat senang dan mengapresiasi komitmen PT Inalum (Persero) dalam mendukung program ini. Sebab gerakan budaya literasi ini merupakan program nasional yang harus didukung oleh segenap elemen bangsa.

“Semoga apa yang diperbuat PT Inalum (Persero) ini dapat memotivasi dan menjadi contoh baik bagi perusahaan-perusahaan dan pihak-pihak lain dalam memajukan dunia pendidikan,”ujar Chandra.

Sementara itu, General of Secretary OS Institute Herikson Sianipar menambahkan bahwa kegiatan deklarasi ini akan dipimpin langsung oleh Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan, MM bersama 7000 lebih peserta didik dan masyarakat umum.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tebingtinggi Drs H Pardamean Siregar MAP, mengatakan gerakan budaya baca ini akan mendukung program smart city yang terlebih dahulu dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tebingtinggi dibawah pimpinan Walikota Bapak Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM.

“Kita ingin menciptakan Tebingtinggi sebagai kota cerdas dengan manusia yang litere, sehingga Kota Tebingtinggi bisa menjadi kota masa depan yang efektif dan efisien,”kata Pardamean.

Dalam deklarasi ini, para peserta akan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk kategori menulis pantun oleh pelajar terbanyak. Menulis pantun dipilih sebagai rekor yang akan dipecahkan sebab menulis pantun merupakan kegiatan edukasi yang masih berhubungan erat dengan budaya literasi.

“Selain itu pantun juga merupakan budaya masyarakat Indonesia khususnya Kota Tebingtinggi yang harus kita jaga dan lestarikan. Pantun sangat banyak memberikan petuah, nasihat, inspirasi dan motivasi yang sangat baik bagi perkembangan anak didik dan generasi muda kita,”ungkap Pardamean.(ag/ss-tt)

Kata kunci terkait:
pantun nasehat untuk anak sekolah, pt ina

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...