Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› TBS PTPN 4 Ajamu Dinilai Rugikan Negara Ratusan Juta Rupiah

TBS PTPN 4 Ajamu Dinilai Rugikan Negara Ratusan Juta Rupiah

Panai Hulu | suarasumut.com  –  Tandan Buah Sawit (TBS) PKS PTPN 4 Ajamu Kecamatan Panai Hulu rugikan Negara ratusan juta rupiah. Hal ini lantaran pihak PKS banyak menerima buah sawit pulangan dari luar perkebunan.

Akibatnya, sekitar 200 ton TBS “busuk” yang dibeli perusahaan Perkebunan Pemerintah ini tak layak diolah menjadi CPO, dan tentu saja pemerintah mengalami kerugian yang signifikan.

Hal ini diduga kuat terjadi lantaran ada permainan antara pemasok TBS pulangan dan pihak perusahaan demi meraup untung besar untuk kepentingan pribadi maupun corporation dengan merugikan keuangan negara.

Membludaknya TBS tak layak olah ini terjadi pada bulan juni 2016 lalu, dan sampai saat ini pihak PTPN 4 Ajamu tidak menerima TBS dari luar perkebunan, mungkin lantaran persoalan ini.

Kepala Dinas Tehnis (KDT) PKS PTPN 4 Ajamu yang diketahui bermarga Manurung tidak bersedia dikonfirmasi terkait persoalan ini, begitu juga hal nya dengan Dedi Murad (Humas) di perusahaan ber plat merah tersebut enggan membalas pesan singkat yang dilayangkan wartawan ke hand phone miliknya, Senin (15/08).

Menanggapi hal ini, Komunitas Masyarakat Pesisir Berman Sinaga meminta pihak penegak hukum segera mengusut persoalan ini, sebab telah merugikan keuangan negara.

“Karena ke alaian maupun unsur kesengajaan pihak PKS yang membeli TBS busuk pulangan dari luar ini hingga sekitar 200 ton telah membuat negara merugi, dan kalau pun TBS tersebut tetap diolah menjadi CPO, tentu mutu serta kualitasnya sangat rendah, makanya kami dari komunitas masyarakat pesisir berharap penegak hukum segera mengusut masalah ini,”pinta Berman.(ta/ss-lb)

Kata kunci terkait:
ptpn 4 ajamu

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...