Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Tanpa Kehadiran Terdakwa Agus, Majelis Hakim Bacakan Putusan

Tanpa Kehadiran Terdakwa Agus, Majelis Hakim Bacakan Putusan

Rantauprapat, suarasumut.com – Akhirnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Rantauprapat yang diketuai Anita Silitonga SH dengan Hakim Anggota, Dharma Putra Simbolon SH dan Dharma Setiawan SH membacakan putusan 3 perkara sabu-sabu tanpa kehadiran Agus Frengky Hutagalung. Padahal, sebelumnya Majelis Hakim yang diketuai Anita Silitonga itu telah mentelantarkan (tunda,red) dalam 3 kali persidangan karena Agus Frengky sakit.

Informasi dihimpun suarasumut.com, Senin (9/2), 4 terdakwa yang didakwa melakukan pesta sabu-sabu pada tanggal 28 Agustus 2014 lalu itu, yakni, Agus Frengky Hutagalung, Abdul Arif Daliumthe, Ilham Wahyudi, Muhammad Yamin Siregar disidang dalam 4 berkas secara terpisah. Dalam kurun waktu 3 kali persidang, sidang pembacaan putusan sempat diterlantarkan karena Agus Frengky Hutagalung tidak hadir di persidangan dengan alasan sakit.

Sekitar pukul 11.30 WIB, para terdakwa yakni, Agus Frengky Hutagalung bersama 3 temannya sudah dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Antonius di ruang sidang. Namun karena Majelis Hakim, Anita Silitonga mendahulukan perkara perdata, akhirnya Agus Frengky dikembalikan ke Lembaga Pemasyarakatan, sehingga sidang pembacaan putusan perkara tidak diikutinya lagi.

Pantauan dipersidangan pembacaan putusan perkara sekitar pukul 16.44 WIB, Hakim Anita Silitonga terkesan ingin menunda kembali pembacaan putusan perkara 3 terdakwa yang hadir saat itu. Diduga, karena awak media cetak dan elektronik banyak yang melakukan peliputan, Anita Silitonga seakan terpaksa untuk membacakan putusan perkara.

Atas perkara 3 terdakwa yakni, Abdul Arif Daliumthe, Ilham Wahyudi, Muhammad Yamin Siregar divonis pidana penjara 1 tahun 2 bulan atau lebih rendah 4 bulan dari tuntutan JPU Antonius. Menurut Majelis Hakim, para terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Terdakwa terbukti dan meyakinkan bersalah menggunakan narkotika golongan I tanpa hak sesuai Pasal 127 Undang-Undang Narkotika,” kata Anita Silitonga membacakan putusan terhadap 3 terdakwa yang disidang secara bersamaan.

Usai persidang, Anita Silitonga yang dikonfirmasi para awak media mendalihkan, dirinya tidak mengetahui Agus Frengky Hutagalung telah hadir di ruang sidang pada pukul 11.30 WIB. Anita juga tidak dapat memastikan jumlah penundaan persidangan pembacaan putusan atas para terdakwa dikarenakan Agus Frengky Hutagalung tidak dapat bersidang dengan alasan sakit. “Saya tidak tau dia (Agus,red) hadir tadi, alasan sakit juga harus ada bukti. Saya tidak ingat, banyak perkara yang ditangani. Nantilah saya lihat dulu jadwal persidangan,” jawab Anita Silitonga. (ls/ss/lb)

Kata kunci terkait:
sidang tanpa kehadiran terdakwa, tuntutan tanpa kehadiran terdakwa

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...