Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Tangkapan TNI Solar Subsidi Di Polres Jalan Ditempat?

Tangkapan TNI Solar Subsidi Di Polres Jalan Ditempat?

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Kasus laporan dugaan penimbunan BBM subsidi disebut milik Aseng Harimau warga Tionghoa hasil penggerebekan tim Intel Korem 022/PT kerjasama dengan personil Intel Kodim 0209/LB, Jumat (25/9) menjelang siang lalu, dikediaman Aseng, hingga kini terkesan kasusnya masih jalan ditempat.

Pasalnya, walau telah 10 hari ditangani pihak Polres Labuhanbatu,tapi aparat penegak hukum belum menetapkan siapa tersangka terkait dalang dan pemilik 15.000 liter solar bersubsidi tersebut,walaupun kasus itu merupakan hasil tangkapan dan laporan pihak TNI.

KasubBag Humas Polres Labuhanbatu, AKP Viktor Sibarani dikonfirmasi Wartawan diruang kerjanya, Senin (5/10) mengaku kurang mengetahui banyak perkembangan penanganan kasus itu. “Kutanya Kanit Ekonomi, katanya masih dalam penyidikan,” ujarnya.

Disinggung, apakah Aseng Harimau maupun pihak lainnya telah ada ditetapkan sebagai tersangka, lagi-lagi Viktor Sibarani mengaku tidak tahu banyak. Apa yang diutarakannya kepada wartawan, bagitu jugalah informasi yang diperolehnya dari Kanit Ekonomi Polres Labuhanbatu selaku unit yang menangani kasus tersebut.

“Kalau humas ini, apa yang dikasi sama kamilah, BB sudah disita katanya. Nanti dipikir nambah-nambahi pula, terlalu maju aku, bisa salah nanti. Intinya masih pemeriksaan dan ada yang diperiksa, berarti kasusnya lanjutlah,” sebut Viktor Sibarani lagi.

Sementara, Dan Unit Intel Kodim 0209/LB Lettu Inf FE Putra Irawan Damanik, Senin (5/10) saat dimintai tanggapannya apakah telah menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari Polres Labuhanbatu, mengaku tidak mengetahuinya. “Waduh enggak monitor, karena yang mengikuti anggota tim Intel Rem,”akunya melalui pesan singkat.

Sebelumnya, pihak Intel Korem 022/PT dan Intel Kodim 0209 LB mengungkap lokasi penimbunan solar bersubsidi di gudang penyimpanan alat berat milik Aseng Harimau di kawasan Jalan Balai Desa Ujung,Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara,Rantauprapat.

Disebut-sebut, solar bersubsidi itupun sengaja ditimbun untuk digunakan sebagai bahan bakar alat berat dan disuplay ke salah satu perusahaan perkebunan diKecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu.

Dan Unit Intel Kodim 0209 LB Lettu Inf FE Putra Irawan Damanik, Minggu (27/9) kepada wartawan menjelaskan, pengungkapan itu berawal saat personil Intel Korem mengisi bahan bakar minyak kendaraan di salah satu SPBU Jalan H Adam Malik, By Pass Rantauprapat pada Jumat (25/9), sekitar pukul 15.00 WIB.Saat itu, personil Intel Korem mendapati satu unit truk tronton BK 9750 BM, sedang mengisi bahan bakar solar,tetapi ada yang ganjil dari
bentuk fisik truk. Sebab pada bagian tangki truk tampak sudah dimodifikasi menjadi berukuran lebih besar.

“Ukuran tangki itu dimodifikasi menjadi 2 meter kali 1,5 meter. Jauh lebih besar dari ukuran tangki truk semestinya. Anehnya, tangki yang dimodifikasi itu pun sama sekali bukan disalurkan ke bagian mesin,”ujarnya.

Atas penemuan itu, lanjut Putra, sejumlah personil Intel Korem tersebut langsung berkoordinasi dengan pihak Intel Kodim 0209 LB yang juga langsung terjun ke lokasi SPBU dan menginterogasi supir truk.

Kepada petugas, supir truk tronton bernama Sugiono (35), warga Jalan Satria, Lingkungan Sumber Beji A Rantauprapat mengaku hanya pekerja atas perintah Acun, yang merupakan anak pengusaha Aseng Harimau serta menjelaskan dalam satu hari bisa mencapai 5 kali membeli solar di SPBU itu.

“Jadi saat tertangkap anggota, supir truk itu mengaku sudah memasuki trip yang keempat kalinya. Dimana setiap sekali trip angkutan, dia diupahi sebesar Rp25 ribu,”terangnya.

Dari pengakuan itu, terkuak bahan bakar solar ditimbun untuk digunakan sebagai bahan bakar alat berat milik Aseng Harimau, dan juga disuplay ke salah satu perusahaan.

Selanjutnya, personil membuntuti truk tronton dan ternyata benar masuk ke dalam gudang Aseng Harimau. Setelah didalam, personil menyaksikan solar subsidi dari tangki truk dipindahkan ke dalam jerigen piber yang terletak dibelakang gudang.

“Bahkan, saat proses pemindahannya sempat difoto anggota kita dengan kamera handphone,” jelasnya sembari menunjukkan foto dimaksud.

Selanjutnya, tim mengamankan supir sekaligus truk tronton yang tangkinya sudah dimodifikasi serta menyerahkannya ke Polres Labuhanbatu sebagai barang bukti.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.