Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› SUARA PEMILU LABUHANBATU BANYAK SUARA ‘ SILUMAN ‘

SUARA PEMILU LABUHANBATU BANYAK SUARA ‘ SILUMAN ‘

Rantauprapat, suarasumut.com – Menurut data yang dimiliki KPU Labuhan Batu terdapat sekitar 1354 orang DPT ganda termasuk diantaranya 4 orang di bawah umur, TNI/ POLRI 10 orang, 552 orang nama ganda, 788 orang yang sudah meninggal.

Data tersebut merupakan data yang termasuk kategori ganda menurut KPU, ucap Andi khoirul selaku Aktivis Aliansi Penyelamatan Indonesia ( API ) kepada suarasumut.com setelah melakukan konfirmasi dengan Ketua KPU (14/4).

Ira selaku Ketua KPU menjelaskan bahwa data tersebut merupakan data terakhir setelah beberapa kali diadakan pemutakhiran data. Disinggung soal adanya beberapa DPT ganda yang nomor kartu keluarga ( NKK ) dan nomor induk KTP ( NIK ) yang berbeda terhadap orang yang sama beliau mengatakan daftar penduduk potensial pemilih ( DP4 ) Pemerintah Daerah yang dikirimkan Kemendagri, selanjutnya KPU hanya menerima turunan dari Kemendagri.

Disinggung soal kemungkinan NKK dan NIK DPT yang diduga dirubah, ira mengatakan soal identitas kependudukan adalah urusan Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait.
Untuk memastikan kemungkinan NKK dan NIK ganda sesuai dengan data yang ada pada DPT, Andi mendatangi Kantor Dinas Catatan Sipil dan kependudukan Kabupaten Labuhan Batu dan meminta kepada salah seorang pegawai untuk melihat dan mencocokkan NKK dan NIK dengan nama yang ada dalam DPT, ternyata NKK dan NIK tidak ada dalam data yang dimiliki Dinas Catatan Sipil sehingga kuat dugaan NKK dan NIK beberapa orang dalam DPT dipalsukan dengan sengaja. Saya berharap pihak penegak hukum dapat mengambil tindakan apabila kemungkinan Identitas Kependudukan seseorang ada yang dipalsukan, ucap Andi.( ds/ss/rp )

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...