Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› STT Poliprofesi Undang Dosen Unimed Pada Acara Gelar Wicara Penulisan Buku Ber ISBN

STT Poliprofesi Undang Dosen Unimed Pada Acara Gelar Wicara Penulisan Buku Ber ISBN

Stabat | suarasumut.com  –  Salah satu tuntutan akademik bidang pengajaran adalah menghasilkan buku ajar, karena buku ajar adalah buku yang membantu mahasiswa dan dosen dalam proses belajar mengajar, namun tidak semua dosen memilih untuk berkarya dengan menulis buku.

Hal itu diungkapkan Ketua STTP (Sekolah Tinggi Teknik Poliprofesi) Tandam Stabat David JM Sembiring M.Kom yang juga dihadiri oleh Pembina Yayasan Pendidikan Poliprofesi Medan (YPPM) Sinek Mehuli Br PA, MM., M.Kom, di Aula Kampus STT Poliprofesi, Jl. K.H Zainul Arifin No. 60 Stabat, Kamis (19/7/2018).

“David JM Sembiring mengatakan, kita sengaja mengundang Dr Janner Simarmata dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) yang juga sebagai penulis buku nasional untuk memberikan materi penulisan buku ber ISBN dan Julianus Pinem dari perwakilan Penerbit ANDI,” katanya dihadapan dosen-dosen yang mengikuti acara gelar wicara penulisan buku ber ISBN.

Diharapkan nantinya, dosen-dosen yang mengikuti kegiatan ini bisa menghasilkan buku-buku untuk dapat diterbitkan dan digunakan dalam proses belajar mengajar.

“David JM Sembiring juga berjanji akan memberikan insentif bagi dosen-dosennya yang mau menulis buku,” pungkasnya.

Dalam paparannya, Janner Simarmata menuturkan dosen itu harus menulis karena Buku merupakan sumber belajar yang diwajibkan oleh pemerintah. Sebagaimana Pasal 12 ayat (3) Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang menyatakan, “Dosen secara perseorangan atau berkelompok wajib menulis buku ajar atau buku teks, yang ditebitkan oleh Perguruan Tinggi dan/atau publikasi ilmiah sebagai salah satu sumber belajar dan untuk pengembangan budaya akademik serta pembudayaan kegiatan baca tulis bagi sivitas akademika”.

“Sehingga sangat disayangkan apabila dosen yang sudah melakukan banyak penelitian tetapi tidak mengembangkannya menjadi buku,” imbuhnya.

Apalagi pihak yayasan memberikan dukungan dengan memberikan insentif bagi dosennya yang mau menulis buku.

“Untuk menerbitkan buku ada beberapa proses yang harus dilalui, mulai dari penilaian naskah sampai buku diterima untuk diterbitkan hingga distribusi,” ucap Julianus Pinem Ketua Cabang Medan Penerbit Andi.

Kami sebagai penerbit sangat mengapresiasi langkah-langkah pimpinan STT Poliprofesi yang akan memberikan insentif bagi dosennya yang akan menulis buku.

“Selain royalti ada keuntungan lain yang akan diperoleh oleh penulis, seperti karir yang akan cemerlang, reputasi penulis sebagai akademisi dan kepuasan tentunya,” imbuhnya.

Penerbit Andi juga selalu terbuka untuk melakukan kerjasama, baik itu kerjasama antar Lembaga maupun perorangan.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 dosen dilingkungan kampus STT Poliprofesi Tandam Stabat, yang dimulai pukul 09-00 sampai 13.00 wib dan akan berlanjut pada workshop review draft naskah buku pada waktu yang belum ditentukan. (js/ss-lt)

Kata kunci terkait:
Unimed

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.