Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Soal Oknum Advokat Ditahan, LSM Labuhanbatu Kecam Kacabjari Kotapinang

Soal Oknum Advokat Ditahan, LSM Labuhanbatu Kecam Kacabjari Kotapinang

Rantauprapat, suarasumut.com – MENYOAL oknum Advokat yang ditahan Cabang Kejaksaan Negeri Kota Pinang atas dugaan pencurian sawit milik Hendri Kosasi yang berada di Dusun Patihe Jae,Desa Sampean, Kecamatan Sungai Kanan,Kabupaten Labuhanbatu Selatan akan berbuntut panjang.

Pasalnya, selain Advokat se Labuhanbatu yang memperapidkan Cabjari, Ketua LSM Topan RI Bung Janes Ritonga akan melakukan orasi, karena diduga penahanan terhadap Sudarsono ,MH yang dilakukan Cabjari tersebut tidak sesuai dengan prosedur.

“Kita menilai penahanan yang dilakukan Cabjari terhadap Sudarsono dengan bukti yang sangat lemah,sebab penahanan itu tidak sesuai dengan KUHAP,”Kata Janes Ritonga, Kamis (12/2) pada suarasumut.com.

Menurutnya,dari surat putusan Perdata Pengadilan Negeri Rantauprapat Reg.No.08/Pdt.G/2014/PN-RAP dinyatakan bahwasnya lahan beserta isinya serta hasil panen adalah sah menjadi milik sudarsono,tapi entah apa yang menjadi dasar cabjari Kota pinang menahan Oknum Advokat itu.

“Bingunglah lihat Oknum penegak Hukum dinegeri ini,sudah jelas putusan PN menetapkan lahan itu milik sudarsono tapi dengan nekatnya Cabjari Kota pinang menahan beliau,dasarnya apapun tak jelas diketahui,”Terang Janes.

Hal senada juga di katakan Direktur LSM Lentera Rakyat Labuhanbatu Jony Silitonga,SH,atas penahanan yang dilakukan cabjari pada sudarsono diduga sudah terjadi penyimpangan Hukum,bahkan mereka akan melaporkan kekomnas Ham soal dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusi (HAM),”Tambah Jony.
Sementara Cabjari Kota Pinang Bambang,SH dikonfirmasi melalui telepon gengamnya enggan menyaut,diteruskan melalui pesan singkat meski pesan keadaan terkirim enggan dibalas.

Diberitakan sebelumnya,Sebagai rasa solidaritas atas penahanan terhadap Sudarsono cs yang dilakukan oleh Kacabjari Kotapinang, sebelas advokat kabupaten Labuhanbatu menggugat praperadilan kepada Kacabjari kota pinang.

Dalam keterangan persnya, Harris N Tambunan SH, Gugatan prapreadilan ini didaftarkan pada hari Selasa (10/2) dengan nomor register perkara No.03/pra-pid/2015/PN-Rap, dan Pengadilan Negeri Rantauprapat resmi akan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan Senin depan.

Lebih lanjut, Harris juga menjelaskan Gugatan Praperadilan oleh Advokat labuhanbatu yang tergabung dalam Penasihat hukum Darsono dan kawan-kawan ini, sebagai rasa solidaritas advokat, terhadap Sudarsono yang juga berprofesi sebagai advokat, yang sekarang ini ditahan dan dirampas kemerdekaannya secara sewenang-wenang oleh Kacabjari Kota Pinang.

“Kami semua para advokat Labuhanbatu merasa prihatin terhadap permasalahan ini, kami juga melihat ada unsur kesengajaan dalam penahanan Sudarsono cs, kami menduga penahanan yang dilakukan oleh Kacabjari kota Pinang lebih menekankan kekuasaan dan tidak mengedepankan hukum sebagai panglima.(ao/ss/rp)

Kata kunci terkait:
apeloma lsm, lsm apeloma labuhan batu, Silitonga kota pinang

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...