Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai-USAID Tandatangani MOU Bidang Pendidikan

Sergai-USAID Tandatangani MOU Bidang Pendidikan

Sergai, suarasumut.com – Guna meningkatkan kualitas pendidikan dasar, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pendidikan bekerjasama dengan United States Agency for International Development (USAID) menggelar Sosialisasi USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform, Innovation, and Opportunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students) yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Selasa (11/11).

Kegiatan sosialisasi USAID PRIORITAS ini dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Koordinator USAID Sumut Agus Marwan, Kadis Pendidikan Drs. Jhoni Walker Manik MM, Kepala Bappeda Ir. Taufik Batubara, para Kepala Sekolah dan guru SD/MI serta para Fasilitator daerah yang terpilih.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya memberikan apresiasi dan mendukung program USAID PRIORITAS yang merupakan program kerjasama dengan kabupaten/kota untuk pemanfaatan data dan informasi untuk perencanaan, penganggaran dan pengembangan kebijakan. Kemudian meningkatkan hubungan antar sekolah, di kabupaten/ kota dan provinsi, Lembaga Pendidik Tenaga Keguruan (LPTK), dan pemerintah pusat serta meningkatkan peran masyarakat dalam mengelola pendidikan, terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati Soekirman berharap agar program ini berhasil, oleh karenanya dihimbau kepada para kepala sekolah, guru dan fasilitator daerah yang terpilihi untuk mempersiapkan segalanya dengan baik agar program ini mendapatkan hasil yang lebih baik lagi ketika diterapkan di Kabupaten Sergai ini.

Sebelumnya Koordinator USAID SUMUT Agus Marwan menerangkan bahwa program USAID PRIORITAS merupakan bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia. Program ini bekerja sama dengan mitra di tingkat nasional dan lokal untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran, meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan serta meningkatkan dukungan koordinasi di dalam dan antar sekolah, lembaga pendidikan/ pelatihan guru dan pemerintah di semua jenjang.

Program yang dikembangkan berdasarkan program DBE (Decentralized Basic Education) ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas. Program ini dimulai sejak tanggal 1 Mei 2012 direncanakan selesai 30 April 2017 di 46 daerah DBE. Kabupaten Serdang Bedagai adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang mendapat kepercayaan untuk bekerja sama dengan USAID selama 5 tahun ke depan, ujar Agus Marwan.

Kegiatan Sosialisasi yang diawali dengan pemutaran Film Dokumenter tentang Program USAID PRIORITAS yang telah berjalan dan berhasil didaerah lain serta dilanjutkan dengan presentasi. Disela-sela acara dilakukan penandatangan MoU tentang Penyelenggaraan Bantuan Teknis USAID.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...