Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai Tingkatkan Potensi Pangan Lokal

Sergai Tingkatkan Potensi Pangan Lokal

Sergai | suarasumut.com  –  Masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mayoritas bermata pencaharian sebagai petani.Untuk itu seorang petani dalam memenuhi kebutuhan pangannya perlu adanya peningkatan produksi hasil pertanian.Dalam peningkatan produksi pertanian, iklim sebagai salah satu faktor penentu keberhasilannya. Saat ini perubahan iklim yang terjadi sulit diprediksi sehingga diharapkan petani dapat menyesuaikan pola tanam. Disamping itu juga para petani harus dapat menjawab tantangan iklim yang terus berubah agar menghasilkan bahan pangan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal ini dijelaskan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang disampaikan melalui Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM usai menghadiri Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-XXXVI dan Hari Krida Pertanian ke-44 Tingkat Provsu Tahun 2016 di halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan Provsu,Rabu kemarin melalui telepon selularnya.Yang dihadiri oleh Ketua TP PKK Provsu Ny. Hj. Evi Diana Erry, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. drg. Khairani Hadi Winarno, Kepala BP2KP Ir. Setyarno, para Pejabat ditingkat Pemprovsu serta undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Kabag Humas bahwa para petani hendaknya mampu dalam menghadapi tantangan yang terjadi pada masa perekonomian global yang sangat dinamis sekarang ini dimana harga pangan sangat fluktuatif dikarenakan perubahan iklim dan bencana alam.

“Oleh karenanya para petani dan stakeholder terkait agar jeli melihat potensi pangan lokal di daerah untuk meningkatkan cadangan pangan guna mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan. Hal ini sesuai dengan tema, tingkatkan produksi pangan dan penganekaragaman konsumsi pangan lokal menuju kemandirian dan kedaulatan pangan,”jelas Kabag Benny.

Sementara Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir. HT. Erry Nuradi MSi mengemukakan kata Kabag Humas, bahwa berbagai masalah yang perlu diselesaikan seperti perubahan iklim global, ketidak-seimbangan produksi pangan dan stok pangan antar daerah. “Untuk itu kita harus mampu mandiri dibidang pangan serta kekuatan potensi sumberdaya pertanian harus mampu kita kembangkan untuk mencapai kedaulatan pangan,”katanya.

Gubsu juga menghimbau kepada masyarakat Sumut untuk dapat berperan aktif dalam menggali dan mengembangkan bahan pangan olahan berbasis produk lokal serta dapat mengkomsumsi bahan pangan lokal yang dihasilkan sebagai upaya peningkatan diversifikasi pangan di Sumut,pungkasnya.

Sebagai wujud apresiasi penghargaan kepada pelaku pangan yang telah bekerja keras dalam pemenuhan pangan masyarakat guna mendukung program kedaulatan pangan Indonesia, Provsu memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016 kepada Terbaik II kategori Pelopor Ketahanan Pangan, Ahmad Zaki seorang pengusaha keripik. Disamping itu juga diberikan Dana Bansos Penguatan LDPM Tahun 2016 kepada Gapoktan Dosroha sebesar Rp.150.000.000- serta Gapoktan Karya Baru dan Mekar Tani masing-masing sebesar Rp.50.000.000,-

Selain itu juga diberikan Bantuan Penguatan Cadangan Pangan kepada Kelompok Lumbung Pangan Sahata dan Family Tani masing-masing sebesar Rp.175.000.000,-. Serta TP. PKK Sergai sebagai terbaik III Lomba Pangan Kategori Umum Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan kategori Kreasi Menu Aplikatif untuk Keluarga.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...