Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Sergai Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Sergai Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Sergai | suarasumut.com  –  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Kamis lalu menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya. Penghargaan yang diberikan atas upaya pembinaan dan pengembangan Kabupaten Sergai menjadi Kabupaten yang peduli HAM.

Penghargaan ini diberikan dalam puncak peringatan HAM se-dunia ke-68 tahun 2016 bersama dengan 24 Bupati/Walikota di Sumut serta 228 Kabupaten/Kota se-Indonesia serta 10 Gubernur yang melakukan pembinaan dan pembangunan pada kabupaten/kota diwilayahnya. Selain itu juga memberikan penghargaan kepada 12 Kepala Kantor Wilayah Kemenhukham yang mendorong sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota di wilayah peduli HAM.

Hal ini dikemukakan Kabag Humas Setdakab Sergai Benny Saragih kepada wartawan di ruang kerjanya komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at (9/12).

Benny Saragih menjelaskan, adapun Provinsi yang meraih anugerah pada peringatan HAM se Dunia adalah Sumatera Utara, JawaTimur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Provinsi Bangka Belitung.

Lebih lanjut Kabag Humas mengatakan bahwa di Sumatera Utara, 24 kabupaten/kota Peduli HAM 2016 adalah Batubara, Humbang Hasundutan, Karo, Langkat, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, Pakpak Bharat, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Serdangbedagai, Toba Samosir, Tapanuli Tengah, Kota Binjai, Gunungsitoli, Pematangsiantar, Padangsidempuan, Sibolga, Tanjungbalai dan Tebingtinggi.

Pada tahun 2015 lalu jumlah kabupaten/kota peduli HAM hanya 138 kota/kabupaten, sehingga ada kenaikan hampir 70% pada tahun 2016, sehingga semakin banyak kabupaten/kota yang meraih predikat Peduli HAM tahun 2016. Menkum HAM Yasonna menyambut gembira atas peningkatan kota/kabupaten yang peduli HAM, dengan begitu indikator penilaian peduli HAM akan ditingkatkan dari lima kelompok penilaian menjadi tujuh kelompok, agar seluruh daerah tetap berkomitmen dalam pemenuhan aspek dan kriteria peduli HAM di daerahnya.

Sementara dikatakan Bupati Soekirman, bahwa HAM sebagai salah satu wujud hak yang paling mendasar diantara hak-hak yang lain.Karena HAM telah dimiliki manusia sejak dilahirkan dan menjadi salah satu hal yang paling penting dan memang tak ada satu pun hukum yang mampu merampasnya.

Pemkab Sergai terus menjunjung tinggi dan peduli terhadap HAM, dengan pengharagaan ini sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.(az/sssb)

Lihat Juga

452 Pramuka Ikuti Perkemahan Internasional 2017 Di Malaysia

JAKARTA | suarasumut.com  –  Sebanyak 452 anggota Gerakan Pramuka akan mengikuti Perkemahan Internasional di Selangor, ...