Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› SERGAI PERINGATI HARI OTONOMI DAERAH KE – 18

SERGAI PERINGATI HARI OTONOMI DAERAH KE – 18

*  Mendagri Gamawan Fauzi : Pemda Perlu Perkenalkan Keunggulan Daerah
Sebagai Daya Tarik Investasi  *

 

foto otonomi sergaiSei Rampah, suarasumut.com – Penyelenggaraan otonomi daerah harus selalu berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan selalu memperhatikan kepentingan dan aspirasi yang tumbuh dalam masyarakat. Penyelenggaraan otonomi daerah juga harus menjamin keserasian hubungan antara daerah dengan daerah lainnya, artinya mampu membangun kerjasama antar daerah untuk meningkatkan kesejahteraan bersama dan mencegah ketimpangan antar daerah.

Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Serdang Bedagai ( Sergai) Ir. H. Soekirman pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XVIII yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat ( 25/04 ).

Peringatan Hari Otda turut dihadiri Wabup Sergai Syahrianto SH, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si, para Asisten dan Staf Ahli Bupati,
para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai dan ratusan PNS di lingkungan Pemkab Sergai.

Lebih lanjut Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan bahwa Otda juga harus mampu menjamin hubungan yang serasi antara daerah dengan Pemerintah. Dimana seluruh entitas pemerintahan harus mampu memelihara dan menjaga keutuhan wilayah negara dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) dalam rangka mewujudkan tujuan negara.

Untuk mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah tentunya perlu dilakukan melalui pengelolaan tata pemerintahan yang baik. Praktek kepemerintahan yang baik mensyaratkan bahwa pengelolaan dan
keputusan manajemen publik harus dilakukan secara transparan dan akuntabel dengan membuka ruang partisipasi masyarakat sebesar-sebesarnya sehingga setiap keputusan yang diambil mempunyai tingkat kepemilikan publik yang tinggi khususnya keputusan yang mengikat publik, ungkap Gamawan Fauzi.

Mewujudkan tata kelola pemerintah daerah yang efektif diperlukan kemampuan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel disertai dengan kemanfaatan yang semakin nyata, jelas Mendagri.

Dikemukakan Gamawan Fauzi dalam hal meningkatkan perekonomian daerah agar Pemerintah Daerah terus mendukung pengembangan ekonomi masyarakat Skala kecil dan mikro agar masyarakat dapat mandiri dan berdaya. Selain itu Pemerintah Daerah ( Pemda ) perlu memperkenalkan keunggulan-keunggulan lokalnya yang menjadi daya tarik investasi dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif termasuk memberikan kepastian dan kemudahan dalam memberikan perizinan. Untuk itu kebijakan penyelesaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ) perlu ditingkatkan dan dipercepat termasuk penerapan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik ( SPIPISE ), terlebih dalam menyambut pasar bebas ASEAN 2015.

Mengakhiri sambutannya, Mendagri berpesan pasca Pemilu Legislatif 9 April 2014 kepada Pemda dan masyarakat harus senantiasa menjaga suasana kondusif di masyarakat terutama dalam menghadapi Pemilu Presiden (PilPres) pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang. Selain itu Pemda agar terus menjaga terselenggaranya pelayanan publik dan aktivitas pemerintah sehingga pelaksanaan pemilu tahun 2014 dapat berjalan dengan baik, aman dan terkendali serta jauh dari suasana anarkhis.(ril/pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...