Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Sergai Kini Miliki Gedung Kantor Metrologi Legal

Sergai Kini Miliki Gedung Kantor Metrologi Legal

Sergai, suarasumut.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman meresmikan gedung kantor dan laboratorium Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal sekaligus membuka pasar murah Dinas Perindagsar bertempat dikompleks Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Senin (21/7).

Gedung Metrologi ini didirikan dalam rangka untuk memastikan masyarakat umum sebagai konsumen dapat dilindungi dalam hal jaminan kebenaran hasil pengukuran sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal selain itu perlu adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standard satuan, dan alat ukur takar timbang serta perlengkapan (UTTP).

Hal tersebut disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya yang turut dihadiri Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Sampali Polda Sumut Kombes Untung Sudarto, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD dan Camat serta masyarakat sekitar.

Lebih lanjut dikatakan Bupati Soekirman, Pemerintahan Kabupaten Sergai melalui dana alokasi khusus Kementerian Perdagangan menerima satu unit bangunan gedung Metrologi, dengan adanya bangunan ini nantinya akan lebih mempermudah pelayanan Metrologi Legal kepada kita khususnya masyarakat di Kabupaten ini.

Menurut Bupati Sergai saat ini Kabupaten Sergai juga telah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2013 tentang retribusi pelayanan tera dan tera ulang. Disamping itu pemerintah daerah ini telah mempunyai SDM Kemetrologian yaitu dua penera ahli yang nantinya akan bertugas melakukan pelayanan dibidang kemetrologian dan dua orang pengamat tera yang nantinya bertugas melakukan penyuluhan dan pengawasan terhadap penyimpangan- penyimpangan yang terjadi dibidang Kemetrologian, jelas Bupati Soekirman.

Dengan dibangunnya gedung ini Bupati berharap nantinya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan pelayanan Metrolog Legal di Kabupaten Sergai dapat dilaksanakan sehingga memberikan manfaat sebesar- besarnya pada masyarakat yakni pelayanan lebih cepat, lebih dekat dan transparan.(pu/ss/sbg)

Kata kunci terkait:
spesifikasi bagunan gedung metrologi, gedung kemetrologian di kabupaten, syarat masuk uptd metrologi legal tebing tinggi

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...