Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Tahun 2016

Sergai Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Tahun 2016

Sergai | suarasumut.com  –  Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dilaksanakan untuk mencapai sasaran meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan sebagaimana tertuang dalam RPJP/RPJMN serta dalam rangka meningkatkan cakupan peserta KB MKIP khususnya implan di Kabupaten Sergai.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya saat membuka dan mencanangkan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kabupaten Sergai Tahun 2016 yang dirangkaikan dengan pelayanan pemasangan Implan serentak se-Sumatera Utara (sumut) bertempat di Klinik PT Socfindo Kebun Bangun Bandar Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (27/10).

Kegiatan pemasangan implan gratis tersebut dalam rangka pemecahan Rekor MURI, dan di targetkan 2,8 juta jiwa di 33 Kabupaten/Kota se-Sumut. Untuk wilayah Sergai menargetkan 1.300 akseptor untuk pemasangan implan gratis.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP. PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekretaris BKKBN Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Dra. Hj. Rabiatun Adawiyah, NTHR, Group Manager Socfindo Kebun Bangun Bandar Hugo Napitupulu, para Kepala SKPD, Muspika Kecamatan Dolok Masihul, Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa, para KUPT dan PLKB se-Sergai.

Wabup Sergai Darma Wijaya mengatakan bahwa pencapaian peserta KB saat ini sampai dengan bulan September baru sebesar 6.558 akseptor dari PPM 21.004 (31.22%), jumlah peserta KB aktif 85.907 akseptor (74.1%) masih tetap membutuhkan perhatian dan komitmen dari para stakeholder, karena program kependudukan dan keluarga berencana sangat strategis untuk mewujudkan SDM yang unggul demi kelangsungan keluarga yang berkualitas, tentram dan sejahtera.

“Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan telah banyak yang kita capai, namun masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan Kesehatan, yang telah dilakukan melalui Kelompok Dasa Wisma, Posyandu, Pos Pembantu KB Desa (PPKBD), Sub pos pembantu KB Desa (Sub PPKBD), Poskesdes, Puskesmas maupun yang lainnya, terutama daerah terpencil dan perbatasan utamanya keluarga pra sejahtera,”ujarnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman melaporkan pencanangan kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan berlangsung selama 3 bulan di mulai tanggal 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2016 di seluruh wilayah Kecamatan se-Sergai dan dirangkaian kunjungan penilaian ke Desa secara berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan sampai tingkat nasional. “Adapun kategori penilaian meliputi 4 jenis kegiatan yakni pelaksana terbaik kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, PHBS di rumah tangga, posyandu, dan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat,”paparnya.

Acara diisi dengan pemberian penghargaan perlombaan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Hari Keluarga Nasional ke-XXIII tingkat Provsu Tahun 2016.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...