Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai Akan Miliki Kantor Pengadilan Negeri

Sergai Akan Miliki Kantor Pengadilan Negeri

Sergai | suarasumut.com  –  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman bersama Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Pakam DR. Henry Tarigan SH. M.Hum, Rabu (19/10) menandatangani Berita Acara Pinjam Pakai Tanah dan Bangunan antara PN Lubuk Pakam dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai di eks Kantor Bina Marga Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan Kabupaten Sergai.

Turut menghadiri acara tersebut Asisten Pemerintahan Umun Drs. Ramses Tambunan MSi, Wakil Ketua PN Lubuk Pakam Saut Maruli Tua Pasaribu dan jajarannya, Kabag Humas Setdakab Sergai Drs. Benny Saragih MM, Camat Perbaungan Drs. H. Akmal dan Muspika, Kabid Aset Dinas PPKA Asrul Rasimin, SH, MM dan Lurah Simpang Tiga Pekan.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa penandatanganan berita acara pinjam pakai ini berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) No.14 Tahun 2016 tentang Pembentukan Pengadilan Negeri, dan memberikan apresiasi kepada pihak PN Lubuk Pakam dengan gerakan proaktifnya yang telah memberikan fasilitas sehingga terbentuknya PN Sei Rampah ini. “Alhamdulillah dengan sudah terbentuknya PN Sei Rampah ini maka sudah ada semua kantor pelayanan publik. Sehingga kedepannya Pemkab Sergai akan mulai menata Kantor Pemerintahan (Kantor Bupati),”ujar H. Soekirman.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Sergai bahwa dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh keadilan, setiap Kabupaten yang belum ada PN nya dapat diusulkan untuk dibentuk sesuai Pasal 4 (1) UU No 8 Tahun 2004. Pembentukan Pengadilan dilakukan secara bertahap berdasarkan pada urgensi prioritas.

Sebelumnya Ketua PN Lubuk Pakam DR. Henry Tarigan SH. M.Hum mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai yang mempunyai keinginan dan tekad yang kuat untuk mempunyai PN sendiri. Dengan sudah adanya Kejaksaan Negeri dan Kepolisian sudah dapat membentuk PN. Karena selama ini kita ketahui, apabila masyarakat Kabupaten Sergai berperkara maka dilakukan di PN Lubukpakam atau Tebingtinggi. Dan ini tentunya selain jarak tempuhnya jauh juga biaya yang dikeluarkan untuk transportasi juga tinggi.

“Oleh karena itu dengan ditandatangani Berita Acara ini agak lebih mengurangi beban cost yang dialami masyarakat. Kami juga dari pihak PN berharap Pemkab Sergai dapat terus mendukung hingga diresmikannya PN Sei Rampah nantinya,”kata Henry Tarigan.(az/sssb)

Kata kunci terkait:
syarat pembentukan sebuah desa berdasarkan uu no 6 tahun 2004 pasal 8

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...