Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai 3 Kali Raih Penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik Tngkat Provsu

Sergai 3 Kali Raih Penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik Tngkat Provsu

Pantai Cermin | suarasumut.com  –  Untuk ketiga kalinya Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) meraih penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), sebelumnya Kecamatan Pegajahan (2008), Perbaungan (2011) juga meraih penghargaan tersebut.

Selanjutnya pada tahun 2015 Kecamatan Pantai Cermin meraih penghargaan Tunggul Kecamatan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/621/Kpts/2015 tentang Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015 tertanggal 29 Desember 2015.

Penyerahan tunggul kecamatan ini ditandai dengan upacara dan langsung diserahkan Plt. Gubsu Ir. HT. Erry Nuradi MSi kepada Camat Pantai Cermin Gunawan JW. Hasibuan SSTP yang juga sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Bertindak sebagai Perwira Upacara (Paup) Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan MSi serta Komandan Upacara (Danup) Drs. Dimas Kurnianto SH di lapangan Theme Park Pantai Cermin, Selasa (2/2).

Selain menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara kepada Camat Pantai Cermin berupa tropy dan piagam kepada Danramil 08 Kapten Inf. Mangatas Sirait dan Kapolsek AKP. Sunarto.

Plt. Gubsu Erry Nuradi juga menyerahkan trophy, piagam penghargaan dan dana pembinaan kepada Camat Medan Marelan Kota Medan sebagai Juara II, selanjutnya kepada Camat Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan sebagai Juara III. Plt. Gubsu juga menyerahkan tanda penghargaan kepada Camat padang Sidempuan Utara Kota Padang Sidempuan sebagai Juara Harapan I, Camat Silaen Kabupaten Toba samosir sebagai Juara Harapan II dan kepada Camat Sibolga Selatan Kota Sibolga sebagai Juara Harapan III.

Dalam amanatnya Plt. Gubsu Ir. HT. Erry Nuradi, MSi mengatakan, Camat sebagai perangkat daerah yang diangkat oleh Bupati/Walikota, selain menjalankan tugas atributif yang merupakan tugas pokoknya, Camat juga melaksanakan tugas delegatif (Pelimpahan) dari Bupati/Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Hal ini mengakibatkan Camat sebagai perangkat daerah memiliki kewenangan yang bersifat umum karena menyangkut berbagai aspek dalam pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, sangatlah wajar jika kepada Camat yang telah menunjukkan prestasinya diberikan penghargaan sebagai apresiasi atas kinerjanya. Melalui kesempatan ini Plt. Gubsu Erry Nuradi menghimbau kepada Bupati/Walikota sebagai atasan langsung untuk memberikan perhatian lebih kepada para Camat yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya. Sedangkan bagi Camat yang belum menunjukkan prestasinya, diminta untuk memacu kinerjanya pada masa mendatang.

Pemberian penghargaan ini sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pada pasal 66 yang menyatakan bahwa peranan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, Kelurahan, dan/atau Desa. Dimana dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat agar dimaksimalkan mulai dari daerah hingga pusat untuk mewujudkan kesejahteraan., jelas Plt. Gubsu.

Sementara itu dalam hal merespon dinamika pembangunan daerah menuju tata kelola pemerintah yang baik, pemerintah daerah perlu memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam pelayanan, Oleh karenanya Kabupaten Sergai sebagai pilot project dilaksanakan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan “PATEN” se-Sumut.

Untuk itu dihimbau kepada semua pemkab/pemko yang belum melaksanakan program PATEN ini agar segera menerapkannya, seperti yang telah dilakukan Pemkab Sergai sejak tahun 2012.

Diakhir sambutannya Erry Nuradi mengucapkan selamat dan sukses kepada para Camat dan Muspika peraih kecamatan terbaik tingkat provsu tahun 2015 sekaligus memberikan apresiasi atas koordinasi yang selama ini berjalan lancar sehingga diharapkan berlanjut dimasa yang akan datang, pungkas Plt. Gubsu.

Sebelum Pj. Bupati Sergai Ir. H. Alwin, MSi mengucapkan selamat datang kepada Plt. Gubsu Erry Nuradi dan Ibu Ketua TP. PKK Provsu Ny. Hj. Evi Diana Erry beserta rombongan sekaligus memberikan apresiasi kepada pemprovsu yang telah memberikan kepecayaan kepada Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini khususnya Kecamatan Pantai Cermin menjadi Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2015.

Kegiatan yang diawali dengan penyematan pakaian adat melayu kepada Plt. Gubsu Erry Nuradi serta dimeriahkan dengan penyambutan pencak silat, tari-tarian Dinas Parbudpora serta marching band dari Perguruan Kartini, turut dihadiri Bupati/Walikota se-Semut, Bupati dan Wabup Sergai Terpilih Ir. H. Soekirman dan Darma Wijaya, Unsur FKPD Sergai, anggota DPRD, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, MSi, Ketua TP. PKK Sergai Ny. drg. Hj. Usma Polita Nasution Alwin, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Pejabat Pemprovsu, SKPD Sergai, Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan se-Sergai, Camat terbaik tingkat Provsu, Ketua MUI dan FKUB, Kakan Kemenag, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, ormas, OKP, parpol dan peserta upacara yang terdiri dari PNS jajaran Pemkab Sergai, Kades/Lurah, tenaga medis, guru, pelajar dari SMA dan SMP, Paskibraka serta Pramuka.(ag/ss/tt)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...