Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Selain Potongan 3 %, Manager BOS Kutip Uang Partisipasi Per Sekolah?

Selain Potongan 3 %, Manager BOS Kutip Uang Partisipasi Per Sekolah?

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Pungli mungkin kata yang tepat untuk menyebutkan terhadap apa yang dilakukan oleh Manager BOS di Dinas Pendidikan Labuhanbatu ini.

Pasalnya, sejumbah informasi yang diperoleh dari kepala sekolah menyebutkan adanya pengutipan sebesar Rp 100.000 (seratus ribu rupiah) dalam setiap pencairan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) per triwulannya.

Uang dimaksud tidak jelas peruntukannya dan tentunya diluar item penggunaan dana BOS, namun hal tersebut se akan sudah membudaya dilingkungan Pemkab Labuhanbatu ini.

Akibatnya, penyimpangan demi penyimpangan dalam penggunaan dana BOS ini tetap terus terjadi tanpa adanya pengawasan dari intansi penegak hokum yang ada di Labuhanbatu, dan tidak mustahil lama kelamaan anggaran BOS yang semestinya diperuntukkan untuk pendidikan malah beralih ke kocek para pejabat.

“Benar pak, setiap BOS cair per TW (triwulannya) kami para kepala sekolah dikenakan biaya sebesar 3 persen dari jumlah yang diterima, bahkan ditambah lagi Rp 100.000 yang katanya untuk uang partisipasi Manager BOS,” ungkap salah seorang Kepsek yang namanya minta tidak ditulis.

Ironis memang, pola fikir para pejabat ditingkat daerah ini, dimana Pemerintah lagi gencar-gencarnya memajukan Dunia Pendidikan, tapi masih ada saja yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Misbah selaku Manager BOS Disdik Labuhanbatu enggan menjawab konfirmasi wartawan via SMS terkait hal ini, kendati pesan singkat guna mempertanyakan hal tersebut tertanda terkirim.(ta/ss-lb)

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...