Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Sejumlah Parpol Labusel Belum Buka Formulir Pendaftaran

Sejumlah Parpol Labusel Belum Buka Formulir Pendaftaran

Labusel, suarasumut.com – Sejumlah partai politik (Parpol) memasuki minggu ketiga bulan Februari 2015, Senin (23/2) sekitar pukul 14.30 wib, hingga kini belum ada membuka formulir pendaftaran panitia penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk masa priode 2015-2020 pada Pilkada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Labuhanbatu Selatan H Zainal Harahap melalui sekretarisnya, Simson Sibarani mengatakan, saat ini parpolnya belum ada untuk membuka formulir pendaftaran panitia penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati sesuai masa priode 2015-2020 pada Pilkada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Karena, kata Simson, menurut keterangan Kemendagri, bahwa undang-undang baru dilakukan pada bulan Desember Tahun 2015 mendatang. Dijelaskannya, saat ini, PDI-Perjuangan hanya memiliki 4 kursi di Lembaga Legeslatif (DPRD) Labuhanbatu Selatan. Namun sesuai poin keenam pada UU Pilkada yang baru disahkan, untuk syarat dukungan terhadap calon dari partai politik minimal memiliki 20 persen kursi di DPRD atau 25 persen suara parpol atau gabungan parpol.

Artinya PDI- Perjuangan Labusel harus mendapatkan 3 kursi tambahan agar menjadi 7 kursi dari parpol gabungan lain. Sehingga PDI Perjuangan barulah bisa untuk mencalonkan pasangan bupati dan wakil bupati pada Pilkada nantinya. Sementara kursi yang ada di DPRD Labusel, saat ini berjumlah 35 kursi.

“Jadi PDI Perjuangan harus dapatkan 3 kursi lagi, dan telah berkordinasi dengan beberapa Parpol lainnya, seperti Partai Nasdem, Partai Hanura, Partai PPP dan Partai PKPI agar bisa mencalonkan bupati dan wakil bupati pada pilkada nantinya,”katanya.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu Selatan Imran Husaini Siregar mengatakan, dengan disahkannya UU Pilkada oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) pada tanggal 18 Februari 2015 kemarin. Bahwa pada poin kedelapan disebutkan, Pilkada tetap dilakukan secara serentak, tapi secara bertahap.

Tahap pertama digelar pada Desember 2015 bagi daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada 2015 dan semester pertama 2016. Imran menjelaskan, kalaulah dilihat dari masa jabatan bupati dan wakil Labuhanbatu Selatan yang berakhir pada bulan tanggal 22 Februari 2016 mendatang, sudah pasti bahwa Kabupaten Labuhanbatu Selatan temasuk salah satu kab/kota di Sumut yang ikut pesta demokrasi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 22 Desember 2015 mendatang.

“Jadi KPUD Labusel, saat ini masih menunggu petunjuk dari KPU Provsu dan KPU Pusat pada persiapan terkait UU Pilkada serentak meskipun anggaran Pilkada sudah kita ajukan tahun lalu,”jelas Imran.(mh/ss/ls)

Kata kunci terkait:
CALON BUPATI LABUSEL, calon bupati labusel 2015

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...