Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Satu Diantaranya Adik Bupati, Enam Pemakai Sabu Dituntut 1,6 Tahun Penjara

Satu Diantaranya Adik Bupati, Enam Pemakai Sabu Dituntut 1,6 Tahun Penjara

Rantauprapat, suarasumut.com – Setelah sempat diancam oleh hakim akan disurati ke Kejatisu karena persidangan pembacaan tuntutan selama hampir 2 bulan tertunda, akhirnya JPU Allan Baskhara melalui Ulfa Budiarti membacakan tuntutan terdakwa Hermansyah Sitorus (Adik Bupati) cs. Pembacaan tuntutan itu digelar diruang III Pengadilan Negeri Rantauprapat, Rabu (19/8).

Dihadapan Majelis Hakim yang di Ketuai oleh Pitriadi,SH.MH, JPU Ulfa Budiarti membacakan tuntutan terhadap Hermansyah Sitorus Cs.

“Meminta Agar Majelis hakim mengadili terdakwa Hermansyah Sitorus alias Dedek, Indra Bakti Pardosi alias Indut, Elvi dan Parnaungan Munthe alias Naung dituntut 1 tahun dan 6 bulan penjara karena terbukti melanggar Pasal 127 UU RI.No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, serta menyatakan barang bukti sabu seberat 0,18 gram di rampas untuk di musnahkan.

Selanjutnya, Meminta Agar Majelis hakim mengadili terdakwa Triti Dian Wibowo alias Dian dan Ali Ahmad Hasibuan alias Ahmad dituntut 1 tahun penjara karena terbukti melanggar Pasal 131 UU RI no.35 tahun 2009 serta menyatakan barang bukti sabu seberat 0,18 gram di rampas untuk di musnahkan,”kata Ulfa dihadapan terdakwa.

Usai mendengarkan pembacaan tuntutan dari JPU, Majelis hakim menunda persidangan selama satu minggu dengan agenda Pledoi ( pembelaan) dari terdakwa.

Sementara itu, JPU Ulfa Budiarti usai sidang ketika ditanya kenapa terdakwa tidak dituntut maksimal yakni 4 tahun penjara sesuai UU RI.No.35 tahun 2009 pasal 127, Ulfa Berdalih jika tuntutan tersebut telah sesuai dengan fakta persidangan.

“Faktanya dipersidangan terdakwa tidak berbelit-belit saat memberikan keterangan. Dan banyak factor lainnya yang menjadi pertimbangan kami. Makanya, terdakwa kami tuntut segitu,”jawabnya sambil masuk kembali ke ruangan sidang.

Sementara itu, Majelis Hakim Pitriadi ketika dikonfirmasi mengatakan tadinya pihaknya berencana akan melayangkan surat jika JPU tidak menyidangkan terdakwa. “Awalnya kami majelis telah bersepakat berencana akan melayangkan surat ke Kejati jika hari ini tidak sidang. Soalnya, sidangnya sudah lama kali ditunda terus oleh Jaksa,” katanya.

Sebelumnya, HS alias Dedek (45), pria yang diketahui sebagai adik kandung Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), ditangkap polisi saat pesta sabu dikediamannya di Aek Tampang, Kelurahan Kota Batu, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labura, Minggu (28/12) sekira pukul 13.00 WIB.

Kapolsek NA IX-X AKP O Simanjuntak mengatakan, tersangka HS ditangkap bersama kelima rekannya yakni AH, IBP, PM, TDW dan ER. “Jadi jumlah yang diamankan ada 6 orang, satu diantaranya seorang perempuan,” kata Simajuntak kepada wartawan.

Dijelaskan Simanjuntak, penangkapan keenam warga itupun berawal dari adanya informasi masyarakat, yang menyebutkan adanya pesta narkoba jenis sabu-sabu dikediaman HS. Mendapat informasi itu, pihaknya pun langsung bertindak melakukan penggerebekan di rumah adik Bupati Labura tersebut. “Kita mendapati enam orang diduga sedang menggunakan narkoba jenis sabu-sabu. Dari rumah itu, kita juga menemukan satu paket kecil sabu-sabu yang kita amankan sebagai barang bukti,” jelasnya.

Ditambahkannya, guna penyelidikan lebih lanjut, pihaknya pun telah melimpahkan kasus tersebut ke Satnarkoba Polres Labuhanbatu. “Setelah kita tangkap langsung kita limpahkan ke Satnarkoba Polres Labuhanbatu,” tambahnya. Sementara Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswardhie SIK mengatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan terkait aksi penggerebekan tersebut.

Dijelaskan Teguh, adapun sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan dari rumah Hermansyah Sitorus tersebut berupa satu paket kecil sabu-sabu, seperangkat alat hisap sabu, sejumlah mancis dan satu buah kaca pirex.

“Sedangkan keenam warga yang telah diamankan dari rumah itu masih menjalani pemeriksaan di Satnarkoba Polres Labuhanbatu,”terangnya. (ab/ss/rp)

Lihat Juga

KCBI “Bidik” Pungli Dan Korupsi SMPN I Berastagi

Berastagi | suarasumut.com  –  Pimpinan Pusat LSM Kemilau Cahaya Bangsa Indonesia Kordinator Wilayah Sumut Dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.