Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Satgas TMMD 100 Selenggarakan Non Fisik, Warga :Ternyata Pekarangan Rumah Menambah Penghasilan

Satgas TMMD 100 Selenggarakan Non Fisik, Warga :Ternyata Pekarangan Rumah Menambah Penghasilan

Pakpak Barat | suarasumut.com  –  Satgas TMMD ke 100 Kodim 0206/Dairi bersama Dinas Pertanian, menyelenggarakan Penyuluhan Pertanian kepada warga di Posko TMMD Kodim 0206/DR di Desa Perpulungan Kecamatan Kerajaan kabupaten Pakpak Barat, Jumat (20/10/2017).

Selaku narasumber, Kasi tanaman pangan dan hortikultura Pakpak Barat Ela Edward Munhte (33) memberikan materi tentang pemanfaatan pekarangan rumah.

“Pekarangan rumah bisa kita manfaatkan untuk tanaman cabe, tomat, sayur dan bawang untuk dimanfaatkan memenuhi kebutuhan kita sehari hari,” kata Kasi tanaman pangan dan holtikultura.

Ia mengatakan, pekarangan yang dinikmati secara langsung, juga dapat menekan pengeluaran secara tidak langsung,”apabila diolah secara lebih profesional akan meningkatkan pendapatan,” tambahnya.

Pada prinsip lanjut Ela Edward, dengan pemanfaatan pekarangan rumah tidak memerlukan modal yang besar, namun praktis dan tidak menyita banyak waktu.

“Dengan lebih mudah melihat perkembangan tanaman apalagi tanaman cabe perlu tiap hari di siram dan di pupuk. Memanfaatkan pekarangan rumah yang luas, apalagi tanaman sayur-sayuran diharapkan memenuhi menu makanan yang bergizi,” saran Kasi tanaman pangan dan holtikultura ini.

Amrin Kabeaken (45) menyampaikan, bahwa dalam penyuluhan kegiatan non fisik itu sudah menambah motivasi dan pengetahuan warga.

“Terimakasih, acara penyuluhan pertanian seperti ini sangat bermanfaat bagi kami. Selama ini kami tidak mengetahui hal itu, ternyata pekarangan rumah juga dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan dan menambah keindahan pekarangan rumah,” ujar Amrin.

Sementara itu, Dandim 0206/Dairi Letkol Inf Jatmiko Ariyanto melalui Pasiter Kodim 0206/Dairi Kapten Inf Anahar Jusar mengatakan, penyuluhan pertanian sangat penting bagi masyarakat desa Perpulungan yang hampir 100 persen merupakan masyarakat petani.

Kegiatan rangkaian pada penyuluhan non fisik yang dilaksanakan Kodim 0206/Dairi itu, turut juga dihadiri Danramil 06/Kerajaan Kapten ARM Lisben Situmorang, Kades Perpulungan Amiruddin Habeahan, serta 160 warga desa Perpulungan, kecamatan Kerajaan pada penyuluhan non fisik tersebut.(pahotan hutagalung/ss-pb)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.