Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Saring Aspirasi Warga, DPRD Gelar Sharing Publik Lambang Daerah

Saring Aspirasi Warga, DPRD Gelar Sharing Publik Lambang Daerah

Gunungsitoli, suarasumut.com — Untuk menyaring aspirasi warga terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) lambang daerah, DPRD Kota Gunungsitoli melakukan sharing publik di tiap Kecamatan di Kota Gunungsitoli. Sharing publik perdana dilakukan di kantor Camat Gunungsitoli, Jalan Pancasila, Kota Gunungsitoli, Senin (16/2).

Sesuai pantauan wartawan di Kantor Camat Gunungsitoli, sharing publik dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, didampingi Ketua Pansus Lambang Daerah, Nehemia Harefa dan anggota pansus, Junius Larosa.

Ikut juga terlihat hadir Kadis Pariwisata Pintar Zebua, Camat Gunungsitoli Vince DP Hulu, Kepala Bagian Organisasi Kota Gunungsitoli Titin Gulo, serta Ketua Majelis Ulama Indonesia H.Abdul Hadi, Ketua Perhimpunan Persaudaraan Haji Indonesia, Kota Gunungsitoli H.Mawardin Zendrato, tokoh masyarakat FG martin, Yasato Harefa, Tapak Wong, MD.Telaumbanua, dan Lala’aro Mendrofa.

Pada acara sharing publik yang berjalan dengan alot, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Gunungsitoli memberikan masukan dan kritik terkait Lambang Daerah yang telah disusun dalam naskah akademis.
Seperti halnya salah satu tokoh Tapak Wong mengatakan penetapan lambang daerah sangat penting dan harus diketahui masyarakat apa arti yang tertera dalam lambang daerah. Lambang Daerah yang diajukan pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Ranperda menurut dia sudah cocok.

Namun, masih ada sedikit perbaikan pada sebagian ornamen yang ada di dalamnya, serta warna ornamen terlalu banyak, padahal sesuai budaya Nias, hanya ada empat warna yang biasa digunakan yaitu warna merah, hitam, kuning dan putih.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa di tempat yang sama mengungkapkan, masukan dari para tokoh masyarakat dan agama yang diungkapkan pada sharing publik akan dijadikan sebagai bahanmenambah kekayaan tersendiri untuk menyempurnakan Ranperda Lambang Daerah yang diajukan Pemkot Gunungsitoli sebelum ditetapkan menjadi Perda.

Sebelumnya, Ketua Pansus juga telah menjelaskan sharing publik lambang daerah dilakukan untuk menyaring aspirasi masyarakat. Selain di Kecamatan Gunungsitoli, sharing publik tentang Ranperda Lambang Daerah akan digelar di seluruh Kecamatan yang ada di Kota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...