Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Ruwat Desa Dan Temu Kangen Bedah Budaya, Bupati Soekirman : Budaya Adalah Pondasi Jiwa Bangsa

Ruwat Desa Dan Temu Kangen Bedah Budaya, Bupati Soekirman : Budaya Adalah Pondasi Jiwa Bangsa

Sergai, suara sumut.com – Guna memohon keselamatan, usaha, pertanian dan lain sebagainya dari hal-hal yang tidak diinginkan untuk seluruh masyarakat desa dan juga sebagai wujud syukur atas kemajuan pembangunan yang telah ada sekaligus untuk lebih mencintai budaya daerah, ratusan masyarakat menggelar acara temu kangen bedah budaya wayang kulit yang dirangkaikan dengan kenduri bersama bertempat di Desa Pergulakan Kecamatan Sei Rampah, Sabtu (3/1).

Acara yang juga digelar untuk memeriahkan HUT Kabupaten Serdang Bedagai ke-11 yang jatuh pada tanggal 7 Januari mendatang menyuguhkan kesenian budaya wayang kulit semalam suntuk dan tari-tarian Jawa lainnya. Turut hadir pada acara tersebut Bupati
Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Camat Sei Rampah Drs. Dimas Kurnianto, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Al-Ustadz Sutrimo Handoyo, Plt. Kepala Desa Pergulakan Romian Siagian, KCD, Kepala Sekolah, pengurus paguyuban Suko Budoyo, kelompok tani dan P3A, ibu-ibu perwiritan, tokoh masyarakat serta ratusan masyarakat yang disambut meriah dengan kesenian jawa seperti Tari Blambangan Cakil serta Tari Arjuna dan Srikandi.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan sambutannya mengucapkan terimakasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah turut membantu terlaksananya acara ini. Sebagai masyarakat yang mencintai budaya yang bukan saja budaya Jawa tetapi juga Batak, Sunda, Banjar sudah sepantasnya kita lestarikan agar kedepannya lebih maju dan dikenal banyak orang, bukan hanya secara nasional akan tetapi terkenal hingga skala Internasional, ungkap Soekirman.

Dilanjutkan Bupati Soekirman, bahwa sesungguhnya yang termahal dan tidak ternilai harganya dalam kehidupan ini adalah adat dan budaya. Hal tersebut dikarenakan ketika kita lahir sampai meninggal dunia yang selalu menyertai kita adalah adat dan budaya tersebut. Bupati mencontohkan antara lain adalah syukuran kelahiran, acara pernikahan dengan adat istiadat, budaya wirid yassin, dan lain sebagainya yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita.

Ditekankan oleh Bupati Soekirman bahwa yang menandakan manusia adalah makhluk yang beradab adalah adat dan budaya tersebut. Disini kita berkumpul guna melestarikan budaya, dan disini kita merasa guyub dan bersatu dalam kebersamaan yang artinya kita tidak merasa sendirian. Dan jika kita tidak merasa sendirian, maka kita akan kuat. Perasaan tidak sendiri akan menjadi energi penyemangat untuk membangun Kabupaten Serdang Bedagai Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, jelas Bupati Soekirman.

Oleh sebab itu Soekirman menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mencintai budayanya bukan hanya sekedar seremoni belaka, akan tetapi dapat meresapinya dan menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Karena budaya adalah pondasi jiwa bangsa Indonesia yang menjadi spirit (semangat) dari semua gerakan pembangunan, pungkas Soekirman.

Sebelumnya tokoh masyarakat Pergulakan Rasiman mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh masyarakat dan perhatian dari Pemerintah Sergai atas pelestarian budaya sehingga terlaksananya dengan baik acara ini. Dengan adanya kegiatan ini kiranya dapat mengobati kerinduan masyarakat terhadap kebudayaan yang sampai saat ini tetap dapat mempersatukan banyak suku yang ada. Rasiman menambahkan harapan agar untuk kedepannya acara yang bersifat budaya terus ditingkatkan lagi sehingga akan menjadi agenda rutin di setiap daerah dengan tujuan untuk melestarikannya agar tidak pudar tergerus kemajuan zaman.

Dalam kesempatan yang sama Kadis Parbudpora Henri Suharto menyampaikan komitmen dukungan terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan program pengembangan adat dan budaya. (pu/ss/sbg)

Kata kunci terkait:
tari arjuna, tarian arjuna, klasifikasi tari arjuna, pidato bupati acara ruwatan

Lihat Juga

OPD Pemkab Labuhanbatu Laksanakan Bhakti Sosial Ke Panti Asuhan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang ke-72 Tahun ...