Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Resmikan Kilang Padi Gapoktan, Walikota : Ketahanan Pangan Kebutuhan Utama Kita

Resmikan Kilang Padi Gapoktan, Walikota : Ketahanan Pangan Kebutuhan Utama Kita

TEBINGTINGGI | suarasumut.com  –  Walikota Tebing Tinggi meresmikan Kilang Padi Gapoktan Maju Bersama di Keluarahan Teluk Karang Lingkumgan 03, Kamis (4 /2). Kilang padi yang dikelola oleh Gapoktan ini satu-satunya yang ada di Kota Tebingtinggi.

Hadir dalam kegiatan ini Danrem 022/PT Kol. Inf. Toto Nurwanto, Dandim 0204/DS Letkol Inf. Handryan Indrawira, Kepala BPTP Provinsi Sumut Dr. Catur Heramanto, Kadis Pertanian Provinsi Sumut yang diwaliki Kabid PLA Syahrul Hasibuan dan Kadis Pertanian Kota Tebingtinggi Marimbun Marpaung.

Disampaikan Walikota, Ketahanan pangan adalah merupakan kebutuhan nomor satu bagi hidup dan kehidupan manusia,terpenuhinya kebutuhan sandang pangan tersebut maka keamanan dan ketertiban akan terjaga dengan baik.

Dengan adanya kilang padi ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi warga petani, petani tidak perlu lagi menghubungi para tengkulak. “Saya dapat informasi tengkulak di Tebingtinggi ini lebih seram dari yang ada di daerah kabupaten lain yang ada areal pertaniannya,”jelasnya.

“Untuk itu saya harapkan jangan pula Gapoktan yang menjadi tengkulak dengan memanfaatkan situasi, tetapi Gapoktan harus mampu menjadi andalan para petani,”harapnya.

Dikatakannya, pada hakikatnya orang kerja untuk cari makan, dan jarang sekali jika ditanya orang kerja untuk cari kaya, untuk itu lah ketahanan pangan tersebut menjadi kebutuhan utama bagi manusia, jika kebutuhan ini terpenuhi semakin meningkalah kesejahteraan.

Walikota juga berharap para petani jangan lagi menjual lahannya, jika dijual nanti akan mendatangkan penderitaan, karena warga yang menjual lahannya akan semakin tinggal kepinggiran kota dan akan menambah beban biaya hidup.

Diingatkan Walikota, di Tebingtinggi jangan ada lagi lahan tidur, gunakan dan manfaatkan dengan menanami dengan yang bernilai ekonomis, guna menambah perekonomian keluarga.

Walikota menyampaikan apresiasi kepada TNI melalui Danramil 13 Tebingtinggi yang begitu giat dan semangat membantu para petani, semangat dan keseriusan TNI pantas untuk ditiru,  dan ditanamkan pada diri pribadi, harus tetap semangat dan optimis.

Sebelum memberikan arahan Danrem 022-PT Kol.Inf.Toto Nurwanto, menyampaikan salam Panglima Kodam I-BB Mayjen.TNI Lowdiyk Pusung kepada Walikota, warga Kota Tebingtinggi khususnya kepada para petani.

Beliau menyatakan begitu terkesan dengan warga Tebingtinggi yang ramah, tertib dan pekerja keras, kesan tersebut dirasakan saat pelaksanaan Hari Juang Kartika yang dipusatkan di Tebingtinggi, kegiatan yang dilakukan mendapat dukungan dari warga Tebingtinggi sepenuhnya.

Bahkan pak Panglima menyampaikan salam kepada Ibu Kepala Dinas Pertanian Tebingtinggi. “Sampaikan salam saya untuk ibu Kadis yang lincah dan dinamis itu pak Danrem” dan sewaktu bila ada kesempatan saya akan datang lagi ke Tebingtinggi,”ujar Pangdam yang disampaikan Danrem.

Danrem berharap kepada petani adanya kilang padi ini akan dapat memutus mata rantai antara tengkulak dengan petani, TNI akan terus mendukung dan membantu para petani bersama-sama mewujudkan meningkatkan kesejahteraan menuju swasembada beras.

Kadis Pertanian Tebingtinggi Ny.Marimbun Marpaung dalam laporannya lahan pertanian yang ada di Kota Tebingtinggi ada 335 ha, dan kilang padi ini dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian kelompok tani.

Dan dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan dari Dinas Pertanian Provsu berupa 4 unit alat mesin pertanian Rice Transplanter (alat tanam padi ) kepada 4 kelompok tani, dan dilangsungkan penanaman padi bersama Walikota, Danrem 022-PT dan Dandim 0204-DS. (ag-ss/tt)

Kata kunci terkait:
dinas ketahanan pangan dan pertanian kota tebing tinggi

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...