Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Profil Tiga Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia
Logo Bank Indonesia

Profil Tiga Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia

Logo Bank Indonesia
Logo Bank Indonesia

Jakarta – Komisi XI DPR RI pada 1 Juli akan menguji tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia yang diajukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Muliaman D Hadad yang mengundurkan diri.

Ketiga calon Deputi Gubernur BI itu antara adalah Asisten Gubernur BI Hendar, Asisten Gubernur BI Mulya Siregar dan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Devisa Treesna W Suparyono.

Berikut profil ketiga calon Deputi Gubernur BI tersebut.

Hendar

Pria kelahiran Bandung 1957 ini meraih gelar Sarjana Ekonomi Universitas Padjajaran.

Ia juga meraih gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar doktor bidang ekonomi Universitas Padjajaran.

Hendar memulai karir di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.

Hendar sebelumnya juga pernah bersaing memperebutkan kursi Dewan Gubernur BI pada Maret lalu, namun kalah dari Perry Warjiyo.

Treesna Wilda Suparyono

Wanita kelahiran Bukittinggi 9 September 1957 ini mengenyam pendidikan S1 Pertanian di Institut Pertanian Bogor. Ia meraih gelar Master of Economics (Agriculture Economics) di University of California, Davis USA.

Pada 1998-2001, Treesna menjabat Kabag Statistik Moneter, Direktorat Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia. Ia kemudian dipercaya menjadi Deputi Direktur Direktorat Statistik Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia pada 2001-2003.

Selanjutnya ia menduduki posisi Deputi Direktur Direktorat Pengelolaan Moneter Bank Indonesia pada Juli 2003 sampai September 2005.

Karir Treesna berikutnya yakni menjabat Kabiro Analisis Devisa dan Nilai Tukar Direktorat Pengelolaan Devisa Bank Indonesia pada September 2005- Agustus 2008.

Ia lalu diangkat menjadi Kepala Perwakilan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Singapura Agustus 2008-2010. Saat ini ia menjabat sebagai Direktur Direktorat Pengelolaan Devisa Bank Indonesia sejak Agustus 2010 lalu.

Mulya E Siregar

Pria kelahiran Jakarta 14 Maret 1957 mengenyam pendidikan jurusan Sosial Ekonomi Pertanian di Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Ia lalu meraih gelar MSC Agricultural Economics Ohio State University USA dan PhD Consumer Economics di USA pada1998.

Pada 1989 Mulya menjabat Kepala Seksi Ekonomi dan Statistik hingga 1992. Lalu menjadi Ketua Tim Penelitian dan Pengembangan Perbankan Syariah pada 2002-2006. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Penelitian, Pengaturan, dan Pengembangan Perbankan Syariah pada 2006-2010.

Mulya lalu diangkat menjadi Direktur Direktorat Perbankan Syariah pada 2010-2012, lalu sebagai Direktur Eksekutif Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan pada 2012, dan kemudian dipercaya menjadi Asisten Gubernur BI pada Desember 2012.

(ANTARA News)

Kata kunci terkait:
logo bank indonesia, lambang BI, lambang bank indonesia, logo BI baru

Lihat Juga

Ket Foto: Komisi B DPRD Binjai, PT WOM jika membandal akan di rekomendasikan cabut ijinnya ke Walikota Binjai

RDP Dengan DPRD, PT WOM Binjai Hampir Bentrok Dengan Wartawan

  “DPRD Binjai Akan Minta Walikota Untuk Cabut Ijin PT WOM Jika Membandal”   Binjai ...