Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Produksi Dan Produktivitas Petani Nias Masih Rendah

Produksi Dan Produktivitas Petani Nias Masih Rendah

Nias | suarasumut.com  —  Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH mengakui jika produksi dan produktivitas yang dicapai dari setiap komoditas oleh petani di Kabupaten Nias masih rendah dan belum mampu mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Rendahnya produksi dan produktivitas yang dicapai disebabkan oleh keterbatasan yang dimiliki para petani, baik di bidang pengetahuan, keterampilan serta lemahnya kemampuan kelembagaan kelompok tani yang telah terbentuk di pedesaan.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH pada panen perdana padi sawah varietas Inpari 32 yang dikelola kelompok tani Siona di Desa Sirete, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Jum’at (26/1).

Menurut Wakil Bupati Nias, pengembangan sektor pertanian merupakan salah satu sasaran utama pembangunan bidang ekonomi di Kabupaten Nias, karena sebagaian besar penduduk Kabupaten Nias hidup dan berpehencarian sebagai petani.

Berbagai cabang usaha tani yang dikelola masyarakat seperti bertanam padi sawah, padi ladang, palawija, sayur sayuran, beternak babi, ayam dan berkebun karet dan coklat hasilnya masih jauh dari harapan kita.

Bahkan, benih padi unggul berlabel biru yang dianjurkan pemerintah saja tidak ada di Kabupaten Nias, dan harus berharap produksi dari penakar/balai balai benih dari luar daerah.

Sehingga petani di Kabupaten Nias belum membudayakan penggunaan benih unggul yang dianjurkan pemerintah secara optimal, padahal penggunaan bibit unggul selain tahan terhadap penyakit, juga hasil produktivitasnya tinggi.

“Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setiap tahun melaksanakan program pembangunan ekonomi masyarakat. Baik program peningkatan produksi tanaman pangan berupa padi melalui kegiatan intensifikasi padi sawah, seksaligus peningkatan pengetahuan dan keterampilan para petani dan kelompok tani,” ujar Arosokhi..

Pemkab Nias juga memberi bantuan benih padi unggul kepada kelompok tani serta bantuan sebagian sarana produksi yang dibutuhkan, dan melakukan terobosan terobosan untuk memperjuangkan kebutuhan petani kepada pemerintah atas.(al/ss-ni)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.