Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Prodi ADP Fakultas Ekonomi UNIMED Terapkan Multimedia Sebagia Media Pembelajaran

Prodi ADP Fakultas Ekonomi UNIMED Terapkan Multimedia Sebagia Media Pembelajaran

Medan | suarasumut.com  –  Membuat bahan ajar menggunakan multimedia tentu berbeda dengan bahan ajar dengan menggunakan media konvensional karena dalam persiapannya diperlukan tiga hal yaitu audio, visual dan gerak.

Dalam sebuah produk atau media pembelajaran berbasis multimedia tidak selalu terdapat semua objek (audio, visual dan gerak), bisa saja hanya terdapat satu atau dua objek saja. Porsi pemberian masing-masing objek tentu disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dalam pengembangan produk multimedia untuk pembelajaran.

“Janner Simarmata salah satu dosen pengampu mata kuliah Multimedia Pembelajaran menuturkan materi bahan ajar melalui multimedia dapat disajikan melalui gagasan yang kreatif karena dapat mengatur durasi penyajian materi agar tidak membosankan,” katanya, Rabu siang (11/4/2018) di gedung Fakultas Ekonomi Unimed, Jalan Willem Iskandar.

Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri adalah salah satu Prodi yang telah menerapkan ini, terbukti dengan adanya mata kuliah Multimedia Pembelajaran pada semester empat.

“Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat merangsang pikiran dan perhatian,” ucap Janner.

Manfaat lain dari multimedia pembelajaran adalah proses pembelajaran pasti akan lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, dan kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan.

“Metode yang digunakan selama perkuliahan dalam Multimedia Pembelajaran adalah dengan cara melibatkan mahasiswa secara aktif dengan pendekatan Student Center Learning,” sambungnya.

Sedangkan penilaian dilakukan dengan penilaian tes hasil belajar dan produk hasil disain Media Pembelajaran berbasis Multimedia, setiap kelompok diberikan tugas dan wajib melaporkan hasil kerja kelompok dalam bentuk laporan ataupun presentase di depan kelas.

“Ini juga bagian dari pembelajaran Blended Learning yang menggabungkan beberapa model pembelajaran baik tatap muka, berbasis komputer dan secara daring,” tandas Janner yang juga lulusan Doktor Pendidikan Teknologi Kejuruan dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Siti Laila M salah satu mahasiswi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang sedang mengambil mata kuliah ini mengatakan dengan adanya Multimedia Pembelajaran sangat membantu kami mahasiswa dalam memahami pembelajaran.

“Selain itu proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien,” tandas Laila yang juga mahasiswi yang berasal dari kota Langsa. (js/ss-md)

Kata kunci terkait:
program studi perkantoran

Lihat Juga

Pengurus FKUB Kabupaten Nias Periode 2018 – 2023 Dibentuk

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias membentuk pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) periode ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *