Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› PKPA Gelar Workshop Menuju Kota Layak Anak

PKPA Gelar Workshop Menuju Kota Layak Anak

Gunungsitoli, suarasumut.com — Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Nias menggelar workshop perumusan rencana aksi daerah Kota Gunungsitoli menuju layak anak. Workshop yang digelar tanggal 11 – 12 Agustus 2015, dilaksanakan di ruang pertemuan, Hotel Nias Palace, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli.

Mewakili Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp, saat membuka workshop, Selasa (11/8), Kepala BPM, PP, KB dan Pemdes Kota Gunungsitoli Arham Dusky Hia mengatakan, Kota Layak Anak (KLA) merupakan salah satu kebutuhan menuju leader masyarakat global.

Dia memberitahu, tahun 2012 yang lalu, Kota Gunungsitoli telah menandatangani MoU dengan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara untuk mengimplementasikan Kota Gunungsitoli menjadi KLA.

Namun, karena kalah bersaing dengan program pembangunan lainnya, maka program Kota Gunungsitoli menjadi KLA baru dianggarkan pada tahun 2016. Arham berharap, setiap SKPD di Kota Gunungsitoli dapat melakukan rencana fisik dan non fisik dalam programnya, untuk mendukung program Kota Gunungsitoli menjadi KLA.

Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif PKPA, Misran Lubis memberitahu, Propinsi Sumatera Utara sudah melakukan proses advokasi kebijakan Kabupaten/Kota menuju KLA sejak tahun 2010.

Setiap tahun, selalu dilakukan kampanye dan kegiatan menjelaskan tentang KLA, yang mana tujuannya adalah untuk mendorong Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Sumatera Utara menambah tahapan.

Ada banyak tahapan yang harus dilakukan, dan sampai tahun 2015 atau setelah enam tahun, hanya ada 10 Kabupaten yang mendapat penghargaan dari Presiden. Namun, penghargaan yang diberikan hanya penghargaan menuju KLA, dan bukan penghargaan KLA.

Sebelumnya, Manager PKPA Nias Kumala Dewi telah menerangkan, PKPA Nias telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui BPM, PP, KB dan Pemdes untuk membentuk Kota Layak Anak.

Bahkan, PKPA telah menggelar Jambore Anak selama dua hari, di pantai Marina, Desa Humene, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli beberapa hari yang lalu.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia Adakan Kompetisi Internasional ResPex

Malaysia | suarasumut.com  –  Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia adakan Kompetisi International Regional Student’s ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.