Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pj Walikota, Kesuksesan Pilkada Peran Serta Stakeholder

Pj Walikota, Kesuksesan Pilkada Peran Serta Stakeholder

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Kesuksesan pelaksanaan Pilkada Tebingtinggi, tidak terlepas dari peran serta semua pemangku kepentingan di daerah itu.

Hal ini disampaikan Pj.Walikota Tebingtinggi H.Zulkarnain pada Rapat Koordinasi Panwalu dengan Stake Holder, dihadiri Ketua Panwaslu Provsu, Kamis (1/12) di Pondok Bagelen Tebingtinggi.

Disampaikannya peran pengawasan oleh Panwaslu sejak dari Pilkada serentak I 2015, semakin diperkuat jika beberapa TPS dijaga 1 orang, tetapi saat ini 1 TPS diawasi 1 pengawas.

Panwaslu Kota/Kab diberikan kewenangan penuh untuk menyelesaikan temuan dan laporan sengketa penyelenggaraan Pilkada yang tidak mengandung unsur tindak pidana, yang sebelumnya kewenangan ini tidak ada.

Hal ini dimaksudkan bertujuan memperpendek proses penyelesaian sengketa Pilkada di tingkat Kota/Kab, sedangkan yang mengandung unsur pidana masih tetap ditangani oleh Gakumdu, ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa permasalahan yang mungkin timbul dalam Pilkada, diantaranya menurunnya partisipasi, apalagi Tebing Tinggi hanya diikuti Calon tunggal dan sebagai gambaran Pilkada ulang Tebingtinggi 2011 56,14 Persen, dan Pilpres 2014 62,32 persen.

Money Politic, namun diperkirakan Tebingtinggi sangat tipis kemungkinan terjadi money politik, dan kurangnya ketersediaan logistik berupa cadangan surat suara, karena masih banyak pemilih belum terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk mengatasi hal ini ia berharap sosialisasi kepada pemilih dapat lebih ditingkatkan oleh Stake holder, agar pemilih yang belum terdaftar di TPS agar segera merekam data indentitas kependudukan di Dinas Capil.

Kepada ASN diharapkan mampu menjaga kenetralitasnya, bagi ASN yang tidak Netral akan dikenakan sanksi yang tegas sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku.

Untuk Panwas beserta jajarannya agar sedini mungkin melakukan pencegahan dan pengawasan pelanggaran yang dilakukan oleh Pelaksana Pemilu,peserta pemilu dan masyarakat guna menghindari protes dan ketidakpuasan pihak-pihak yang berkepentingan.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...