Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pj Bupati Tapteng buka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Pj Bupati Tapteng buka Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)

Tapteng | suarasumut.com — Penjabat Bupati Tapteng Drs. Bukit Tambunan, M.AP buka Lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang diadakan di Pelataran Gedung Serba Guna Pandan Kamis (8/12)

Penjabat Bupati Tapteng Drs. Bukit Tambunan, M.AP mengatakan, bahwa Lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat yang pada prinsipnya melatih sekaligus meningkatkan kemampuan partisipatif masyarakat lebih khusus ibu-ibu untuk menyediakan makanan yang berkualitas, bergizi, seimbang dana aman bagi anggota keluarga dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di lingkungan sekitar.

“Lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) untuk hidup sehat, aktif dan produktif ini merupakan momentum penting dalam mengembalikan dan menanamkan budaya konsumsi sebagaimana yang dilakukan oleh para leluhur kita pada masa lampau yang mengandalkan pangan lokal seperti jagung dan ubi-ubian,” kata Bukit Tambunan.

Beliau menambahkan, sesuai dengan tema kali ini yaitu mari mamfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan guna meningkatkan kualitas gizi keluarga dan menambah pendapatan keluarga.

“Kiranya kegiatan ini bukan hanya ketahanan pangan semata, namun bagaimana kita mampu mewujudkan kemandirian pangan dengan mengangkat potensi pangan lokal yang kita miliki sekaligus mampu meningkatkan perekonomian daerah yang lebih maju,”jelasnya.

Diakhir sambutannya Pj. Bupati mengajak ibu-ibu untuk menjadi agen pembaharuan yang mampu menghindari kebosanan dan ketidak seimbangan gizi dalam menyajikan pangan berbasis lokal serta memiliki kreativitas dalam pengolahan menu ditengah keluarga khususnya kuliner olahan dari bahan ikan sebagai ciri khas daerah yang merupakan penghasil ikan .

Kepada seluruh SKPD agar saat melaksanakan kegiatan pertemuan/ sosialisasi/rapat-rapat dan sejenisnya, konsumsi yang disajikan agar menggunakan pangan lokal seperti ubi-ubian, pisang, jagung dan sejenisnya sebagai pengganti makanan pokok untuk makanan presmanan/ makanan kotak dan minimal 1 jenis pangan lokal kue untuk makanan ringan/snack.

Sementara itu Kadis Pertanian Ir. Dompak Sumanjuntak MM mengatakan kegiatan lomba menu masakan beragam, bergizi, seimbang dan aman ( B2SA) Tapteng diikuti oleh 14 Kecamatan yang tujuannya mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal.

“Lewat lomba cipta menu, kita harapkan terbangun pula budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka makanan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk kebutuhan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitar rumah/pekarangan,”jelasnya. (ip/ss-tt)

Kata kunci terkait:
berbahai 0lahan dr] ubi

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...