Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Pesta Horas Tapteng Perdana Berlangsung Dua Hari Di Pantai Bosur Kalangan

Pesta Horas Tapteng Perdana Berlangsung Dua Hari Di Pantai Bosur Kalangan

Tapteng | suarasumut.com  –  Pesta Horas Tapteng untuk pertama jali digelar Pemerintah Tapteng yang dilangsungkan di Pantai Bosur selama dua Hari Sabtu sampai Minggu 10 sampai 11 Desember tujuan kegiatan sebagai promosi Pariwisata Tapteng, Minggu (11/12).

Pj. Bupati Tapteng Drs. Bukit Tambunan MAP dalam membacakan sambutan Gubsu H. Tengku Erry Nuradi, MSi menjelaskan. Pemprovsu menyambut baik penyelenggaraan pesta Horas Tapteng Tahun 2016 ini sebagai sarana melestarikan seni budaya, promosi potensi wisata budaya, kuliner dan ekonomi kreatif serta upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Dengan digelarnya Pesta Horas Tapteng diharapkan semua pihak,baik yang berdomisili di Tapteng maupun yang datang ke daerah ini dapat lebih mengetahui berbagai kemajuan yang telah dicapai sekaligus menjadi wadah informasi bagi pemberdayaan potensi dan peluang yang ada sehingga event Pesta Horas Tapteng mampu mendorong partisipasi masyarakat di bidang pariwisata, perdagangan dan perekonomian serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan komitmen agar even ini digelar secara konsisten dan teragenda, yang tujuannya mendorong pengembangan wisata di Tapteng, maka Pempropsu akan ikut mendukung dan siap membantu Tapteng yang bisa menggelar event untuk mengembangkan potensi pariwisata.

Saya mensupport komitmen Visi Pemkab Tapteng yang ingin dijadikan sebagai Growth Centre pantai Barat Sumut sebagai pusat ekonomi kreatif, pusat pertumbuhan kepariwisataan di pantai Barat. Kepariwisataan mempunyai Multi Player Efect yang sangat beragam terhadap pertumbuhan ekonomi.

Ada lima parameter sebuah kawasan tumbuh berkembang diantaranya keanekaragaman budaya, multikuktur budaya, ras agama dan keanekaragaman budaya dan kelima parameter tersebut dimiliki Tapteng menjadi modal membangun Tapteng dan Sumut Umumnya.

Bandara Dr. Ferdinand Lumbantobing Pinang Sori merupakan salah satu lokomotif pesatnya pembangunan di Tapteng, pembangunan ini sangat tepat guna mempercepat pertumbuhan sektor perekonomian, Pariwisata dan perdagangan karna transportasi udara dapat memangkas waktu tempuh ke berbagai tujuan dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan pantai Barat Sumut apalagi telah dibukanya rute Garuda langsung ke Jakarta menjadi modal utama kunjungan wisatawan dan dalam menarik investor berinvestasi di Tapteng.

Guna mendukung sektor Kepariwisataan di Tapteng maka harus didukung sarana pra sarana di kawasan objek pariwisata seperti Makam Papan Tinggi, Makam Mahligai, Pembangunan Pantai Bosur dan berbagai kawasan objek wisata yang ada di Tapteng.

Diakhir sambutan Pj. Bupati Tapteng menitip pesan kepada yang mewakili Menko Maritim Luhut B . Panjaitan yang dihadiri oleh Choky Siahaan bahwa Tapteng memiliki potensi Pariwisata yang luar biasa, salah satunya Pantai Bosur merupakan kawasan yang sangat potensial, dan Tapteng juga merupakan kawasan kemaritiman.

“Mohon disampaikan kepada Bapak Menko Maritim agar memberikan perhatian khusus ke Tapteng dan turut membantu bagaimana memajukan kawasan kemaritiman dan kawasan Pariwisata Tapteng,” harap Bukit Tambunan.

“Apresiasi kami kepada tamu undangan yang telah berkenan menghadiri Pesta Horas Tapteng. Wakil Bupati Batubara, Wakil Bupati Pakpak Barat, Terman Siregar mantan Wakil Walikota Jakarta Utara adalah sahabat saya waktu di Jakarta dan merupakan Putra Asli Tapteng dari Kolang,” ucap Bukit Tambunan.

Sementara Awaluddin Rao mewakili DPRD Tapteng dalam kata sambutannya mengatakan kegiatan ini dapat terlaksana sedemikian rupa berkat kerja sama yang baik. mengapresiasi Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan instansi yang terkait.

“Teristimewa Apresiasi yang setinggu tingginya trima kasih kepada Pj. Bupati. Menginspirasi atas kegiatan Horas Tapteng memang kita mengetahui bahwa jargon Tapteng. Horas Tapteng kegiatan ini perlu dilakukan pada masa yang akan datang,” jelas Awaluddin Rao.

“Kita mengetahui bahwa Badan Otarita Danau Toba telah dibentuk untuk itu Tapteng harus ikut ambil bagian sehingga Tapteng dapat dikoneksikan dengan Danau Toba khususnya guna mengembangkan Pariwisata Tapteng,” tandasnya.

Ketua Panitia Pesta Horas Tapteng Ir. Aris Sutrisno Pesta Horas Tapteng diadakan selama dua hari sabtu Minggu 10-11 Desember 2016 bertujuan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar etnis Tapteng, memupuk rasa persaudaraan antara suku dan adat budaya se Tapteng, mempromosikan Objek Wisata yang ada di Tapteng.

Peserta Pesta Horas Tapteng terdiri dari masyarakat 20 Kecamatan yang ada di Tapteng dan berbagai kegiatan diadakan diantaranya parade Budaya, Parade Mobil Hias, parade Perahu Hias, Lomba Fotography objek wisata Tapteng, lomba perahu tradisional dan karnaval busana kreatif.

Amatan media, Pesta Horas Tapteng yang baru pertama kali diadakan dihadiri Forkopimda Tapteng, Sekdakab Tapteng, Plt. Ketua TP PKK Tapteng, SKPD dan camat se Tapteng, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda dan diawali dengan pelepasan pawai Carnaval Mobil Hias, Pegelaran Tarian Kolosal ragam etnis Tapteng oleh pelajar.

Penandatanganan Prasasti Pesta Horas Tapteng oleh Pj. Bupati Tapteng Drs. Bukit Tambunan, MAP serta penyerahan Tongkat Tunggal Panaluan kepada Pj. Bupati dan Keris Kepada Gubsu yang secara simbolis diserahkan oleh Tokoh Adat Tapteng.(ip/ss-tt)

Kata kunci terkait:
Pembangunan tapteng, video tari kolosal horas tapteng, berita amira hr ini di pinangsori, choky siahaan, kecamatan kolang tapteng

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...