Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Pesona Wisata Tapteng, Bunga Bangkai Mekar Di Sibabangun

Pesona Wisata Tapteng, Bunga Bangkai Mekar Di Sibabangun

TAPTENG | suarasumut.com  –  Bunga Bangkai atau yang dikenal dengan Amorphophallus tumbuh dan mekar saat ini di Kebun Karet milik Mahmud, warga Kelurahan Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng), Rabu kemarin (28/03/2018).

Hal ini diketahui saat Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. diwakilkan oleh Kabid Pengembangan Kapasitas Kepariwisataan Marganda Limbong didampingi Staf Dinas Kominfo Kab. Tapteng dan Bagian Humas berkunjung ke lokasi Bunga Bangkai yang mekar milik Mahmud.

Bunga Bangkai itu tumbuh di Perkebunan Rakyat Air Parlabian milik warga setempat, yang salah satunya milik Mahmud. Akses jalan ke tempat itu dari Simpang Simanosor Kelurahan Sibabangun Kecamatan Sibabangun. Panoramanya begitu asri dan sejuk. Hamparan persawahan, sungai dan perkebunan karet rakyat dilewati saat menuju ke tempat Bunga Bangkai itu mekar.

Pak Mahmud mengatakan 2 (dua) bulan yang lalu sudah ada bunga bangkai yang mekar selain yang saat ini sedang mekar.

“Sebenarnya dua bulan lalu ada bunga bangkai yang mekar disisi lain tidak jauh dari bunga bangkai yang saat ini sedang mekar. Pertama kali saya temukan bunga bangkai seperti ini 5 (lima) tahun yang lalu di sebelah lainnya dan ini muncul di sekitar sini,” ungkap Mahmud.

Lanjutnya, disana juga terdapat batang-batang bunga bangkai yang sudah tumbuh besar tetapi tidak berbunga. Mahmud mengatakan bahwa bunga bangkai itu jenis jantan dan yang mekar jenis betina.

“Tanaman Bunga Bangkai di sekitar ini ada 3 bunga, 1 (satu) sedang mekar saat ini dan 1 (satu) lagi akan mekar 2 (dua) minggu ke depan,” ujarnya melanjutkan.

Bunga Bangkai yang mekar itu memiliki ketinggian lebih kurang 1,5 meter dan lebar kira-kira 60 cm. Waktu bunga bangkai itu mekar sangat terbatas sekitar di bawah 4 hari dan mengeluarkan aroma menyengat seperti bangkai. Bau ini muncul di puncak mekar yang berfungsi untuk menarik serangga.

“Bunga bangkai ini saat mekar tidak lama sekitar 3 hari dengan tinggi sekitar 1,5 meter” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Kapasitas Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kab. Tapteng Marganda Limbong mengatakan Bunga Bangkai dengan bahasa latin Amorphophallus termasuk tumbuhan langka.

“Bunga Bangkai ini nama latinnya Amorphophallus, memiliki bagian pelindungnya yang mekar disebut braktea dan bagian tongkol yang menjulang tinggi disebut spadix. Ini termasuk tanaman endemik Indonesia. Orang banyak tertarik melihatnya, bunga bangkai ini langka. Bunga Bangkai ini menambah kasanah pesona wisata Tapteng.,” kata Kabid Pengembangan Kapasitas Kepariwisataan Dinas Pariwisata Kab. Tapteng.

“Dinas Pariwisata Kab. Tapteng siap mendukung pengembangan pariwisata Tapteng mensukseskan visi dan misi Bupati dan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Tapteng khususnya di bidang pariwisata yang merupakan salah satu program strategis,” ucapnya. (Ril/ss-tt)

Lihat Juga

Troktoar Di Kota Gunungsitoli Dialih Fungsikan

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Bangunan milik pribadi yang mengalih fungsikan troktoar di Kota Gunungsitoli,Sumatera Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.